Buntut Realisasi Anggaran Lelet, Jokowi Curhat Susah Rubah Cara Kerja dan Mindset

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) nampaknya geram melihat realisasi belanja tahun anggaran 2023, baik itu realisasi belanja pemerintah pusat maupun daerah yang terbilang lamban, atau lelet.

Hal itu disampaikan Jokowi kala memberikan arahan dalam penyerahan Digital DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) di Istana Negara, pada Rabu (29/11).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan bahwa realisasi belanja daerah sampai dengan saat ini baru sebesar 64 persen. Sedangkan realisasi belanja pusat baru sebesar 74 persen. Padahal, tutup buku APBN 2023 hanya tinggal hitungan minggu.

“Ini sudah tinggal tiga minggu, baru 64 (persen) sama 74 (persen) realisasinya. Artinya dalam tiga minggu ini akan keluar uang bertriliun-triliun,” tutur Jokowi seperti dikutip Holopis.com dari tayangan di kanal YouTube Setpres.

Dia pun kesal lantaran lambannya realiasi anggaran ini terjadi bertahun-tahun. Jokowi lantas mengatakan, bahwa dirinya sudah sejak 9 tahun lalu, sejak dirinya dilantik sebagai Presiden RI ingin merubah hal tersebut.

Namun diakuinya, merubah cara kerja dan mindset dalam mengelola anggaran merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan.

“Memang merubah cara kerja, merubah mindset tidak mudah,” tegasnya.

Untuk itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar anggaran yang diberikan untuk tahun depan itu segera direalisasikan pada awal tahun 2024.

“Eksekusi (anggaran 2024) segera, eksekusinya sesegera mungkin. Januari segera dimulai anggaran itu, realisasikan secepat-cepatnya,” titah Jokowi.

Lebih lanjut, Orang nomor satu di Indonesia itu juga mengingatkan, anggaran yang sejatinya merupakan uang rakyat agar dikelola secara disiplin, teliti dan tepat sasaran.

Menurutnya, belanja yang bersumber dari uang rakyat harus berorientasi pada hasil, sehingga membawa dampak positif yang maksimal bagi masyatakat.

“Ingat, setiap rupiah yang dibelanjakan itu uang rakyat. Ini duitnya rakyat, sehingga harus fokus pada hasil. Dan yang paling penting juga harus bermanfaat maksimal bagi rakyat,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Jokowi Ajak Parlemen Jaga Stabilitas Kawasan Pasifik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa stabilitas kawasan Pasifik menjadi tanggung jawab semua negara yang ada di wilayah tersebut. Apalagi berbagai sektor menjadi sesuatu yang penting untuk dijaga sebagai bagian dari peran kearifan global.

Jokowi Harap Golden Visa Bisa Pancing Investor ke Indonesia

Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Golden Visa Indonesia, yang ditujukan untuk memudahkan Warga Negara Asing (WNA) untuk berkarya dan berinvestasi di Indonesia.

Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi hadir di pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid dan menjadi saksi akad nikah keduanya pada hari ini, Jum’at (26/7).

Ogah Buru-Buru Pindah ke IKN, Jokowi : Masa Sidang Kabinet Lesehan

Presiden Jokowi (Joko Widodo) belum bisa memastikan kapan dirinya akan memenuhi janji untuk berkantor di IKN (Ibu Kota Nusantara).

Jokowi Jajal Berkantor di IKN, Tapi Cuma Sebentar

Presiden Jokowi (Joko Widodo) direncanakan akan mulai berkantor di IKN sesuai dengan janji sebelumnya.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.