Dialog Terbuka di Muhammadiyah Surabaya, Prabowo Pamerkan Program Kerjanya Ketika Jadi Presiden

Kita harus swasembada pangan, swasembada air, swasembada energi. Kita satu-satunya negara di dunia yang nanti 100 persen BBM kita dari hijau.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto menyampaikan bahwa dirinya sudah banyak sekali menangkap masukan dari banyak cendekiawan terbaik di Indonesia untuk membantu memetakan dan merumuskan potensi tretagis Indonesia masa depan.

“Kita punya 8 Asta Cita, 17 program prioritas, dan 8 program hasil terbaik cepat,” kata Prabowo dalam dialog terbuka di Universitas Muhammadiyah Surabaya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (24/11).

Tujuan utamanya adalah bagaimana membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi di masa kepemimpinannya nanti jika dipercaya menjadi Presiden Republik Indonesia hasil Pilpres 2024.

“Kita ingin membawa kebaikan kepada Indonesia segera. Kita akan mengatur pengelolaan kekayaan kita, kita akan teruskan hilirisasi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Prabowo yang juga Menteri Pertahanan Republik Indonesia tersebut menyampaikan, bahwa ada 21 (dua puluh satu) bentuk komoditas yang akan dioptimalkan di periode kepemimpinan selanjutnya.

“Hilirisasi kita punya 21 komoditas, kita sudah punya petanya, kita sudah punya strateginya, kita sudah punya rencananya, yang nilainya akan bertambah nilai puluhan kali,” terangnya.

Salah satunya adalah nilai tambah dari produk nikel. Ia menyebut bahwa kebijakan Presiden Joko Widodo yang melarang ekspor nikel sejak tahun 2020 akan dilanjutkan. Sebab, ini adalah salah satu kebijakan yang sangat baik dari pemerintah agar kekayaan alam Indonesia tidak bocor di luar negeri.

“Tambak nikel tahun 2017 penghasilan kita hanya USD 3 Miliar, kita larang ekspor 2020, tahun 2022 hasil kita USD 33,8 Miliar, naik 1.000 persen dalam 2 tahun,” paparnya.

Dari bahan nikel saja, Prabowo yakin bahwa ke depan Indonesia bisa menciptakan mobil-mobil listrik sendiri. Sebab salah satu mimpinya adalah membuat Indonesia tidak hanya dipandang sebagai pasar saja, akan tetapi bisa berdaya saing dengan menjadi produsen.

“Kita tidak mau hanya jadi pasarnya orang lain. Maaf yang mulia duta besar Jepang, maaf, saya hormat pada Jepang, tapi kita tidak mau jadi pasar anda, kita mau jadi mitra anda, kita mau jadi sahabat anda,” sambungnya.

Selain nikel, Prabowo juga ingin fokus pada nilai tambah hasil hilirisasi tambang mineral lainnya, yakni tembaga, bauksit, timah, hingga gas bumi. Dan yang tak kalah penting bagi Prabowo adalah bagaimana upaya Indonesia melakukan swasembada kebutuhan pokok.

“Kita harus swasembada pangan, swasembada air, swasembada energi. Kita satu-satunya negara di dunia yang nanti 100 persen BBM kita dari hijau, dari biofuel, kelapa sawit, dari jagung, dari tebu. Kita tidak akan impor BBM lagi,” tegasnya.

Terakhir, calon presiden yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut adalah bagaimana memastikan gizi anak-anak Indonesia dan ibu hamil tercukupi dengan baik. Karena fokus soal gizi adalah penurunan angka stunting yang sampai saat ini masih menjadi momok tersendiri bagi Indonesia.

“Dan salah satu proyek strategis bersama dengan Gibran dan tim kita semua, memberi makan siang dan susu untuk semua anak-anak Indonesia, termasuk ibu-ibu yang sedang hamil, karena dia mengandung 9 bulan,” lanjutnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Temui Vladimir Putin, Prabowo Subianto Kenang Jasa Rusia dalam Pembangunan Indonesia

Prabowo Subianto mengungkap momen dirinya mengenang kembali kondisi pembangunan Indonesia saar bertemu Vladimir Putin di Moskow.

Temui Putin, Prabowo Subianto Singgung Kerja Sama di Bidang Nuklir

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin di Moskow, Rusia pada Rabu (31/7).

Prabowo Subianto Berencana Bikin Program Beasiswa Besar-Besaran ke Rusia

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto membahas slaah satu poin kerja sama di bidang pendidikan saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Momen Pertemuan Hangat Prabowo Subianto dan Presiden Erdoğan

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Turki. Dalam kunjungannya, Prabowo yang juga sebagai presiden RI terpilih bertemu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, pada Selasa.(30/7).

Usai Temui Erdogan, Prabowo Subianto Lanjut Temui Vladimir Putin

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melanjutkan kunjungan kerjanya ke negara Rusia usai mendatangi negara Turki.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Olimpiade Paris 2024

BERITA TERBARU

Jokowi Sebut Reshuffle Bisa Saja Dilakukan, Tapi …

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengakui bahwa dirinya bisa saja melakukan reshuffle kabinet menjelang akhir masa jabatannya.