BerandaNewsMiliterTNI AU Bentuk Tim Investigasi Jatuhnya Pesawat Super Tucano

TNI AU Bentuk Tim Investigasi Jatuhnya Pesawat Super Tucano

HOLOPIS.COM, JAKARTA – TNI Angkatan Udara masih belum bisa memastikan apa yang menjadi penyebab jatuhnya dua pesawat Super Tucano di daerah Pasuruan, Jawa Timur kemarin.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Marsma R Agung Sasongkojati menjelaskan, pihaknya akan membentuk tim investigasi untuk melakukan penelusuran sesuai prosedur yang ada.

“Tim yang dibentuk oleh Pusat Kelaikudaraan Dan Keselamatan Terbang dan Kerja (Puslaiklambangja) TNI AU akan melakukan investigasi dengan melihat faktor-faktor yang dikenal dengan istilah 5 M (Man, Machine, Medium, Mission and Management) secara menyeluruh terhadap penyebab jatuhnya kedua pesawat,” kata dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (17/11).

Dari tim investigasi tersebut, mereka masih akan memastikan apakah benar penyebab utama terjatuhnya pesawat itu adalah karena kondisi cuaca buruk, serta berbagai faktor lainnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Tim investigasi juga akan menjalani seluruh prosedur dalam menginvestigasi jatuhnya pesawat TNI AU. Di antaranya kondisi cuaca pada saat kejadian, melakukan pemeriksaan seluruh personel yang terlibat dalam penerbangan dan berbagai kemungkinan lainnya,” paparnya.

Tak hanya itu, tim investigasi juga akan melakukan pemeriksaan terhadap data recorder yang ada di dua pesawat tersebut sebagai jawaban utama terjadinya insiden maut.

“Terutama flight data recorder pesawat yang merekam data penerbangan, data mesin, data komunikasi penerbang dan video penerbangan sampai detik terakhir berfungsi,” ujarnya.

“Semoga investigasi berjalan lancar agar kita semua bisa mencegah hal yang sama terulang,” imbuhnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

22 Perwira Tinggi Naik Pangkat, Panglima TNI : Saya Tunggu Idenya

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin langsung acara laporan Korps kenaikan pangkat 22 Perwira Tinggi (Pati) TNI.

KSAU Bahas Potensi Kerja Sama Militer Dengan Turki

KSAU Marsekal TNI Tonny Harjono melakukan pertemuan dengan pimpinan pertahanan udara pemerintah Turki, General Ziya Cemal Kadıoğlu di Turkish Air Force Headquarter, Ankara.

KSAL Puji Keberhasilan Kolinlamil Jaga Keamanan Laut Indonesia

KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana TNI Muhammad Ali memuji kinerja Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam menjaga perairan Indonesia.

Anak Prajurit TNI AU Raih Emas di Olimpiade Matematika Nasional

Kabar gembira datang dari keluarga besar TNI AU (Angkatan Udara). Pasalnya, anak dari salah satu prajurit TNI AU berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade Matematika tingkat nasional.

TNI AL Amankan Imigran Gelap di Sukabumi

TNI AL (Angkatan Laut) mengamankan puluhan warga asing yang merupakan imigran gelap di pantai Keusik Urug Muara Cikaso, Desa Buniasih, Kec. Tegalbulet, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

KSAU Intip Pengoperasian Pesawat Nirawak Istanbul

KSAU (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsekal Tonny Harjono bersama rombongan mengunjungi Baykar Technology di Istanbul.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS