HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari menyampaikan bahwa pada hari Selasa (14/11) besok, akan ada agenda pengundian nomor urut pasangan Capres-Cawapres.

“Tanggal 14 November 2023 rencananya dimulai pukul 18.30 WIB,” kata Hasyim dalam keterangannya di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, seperti dikutip Holopis.com, Senin (13/11).

Sebelum agenda rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut, akan dilakukan jamuan makan malam terlebih dahulu yang akan disediakan oleh KPU kepada para Capres-Cawapres serta pimpinan partai politik pengusung yang hadir.

“Jadi dimulai dengan gala dinner, makan malam dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden serta pimpinan partai politik yang mengusulkan atau mendaftarkan masing masing calon,” ujarnya.

Hasyim menyampaikan bahwa KPU hanya menyediakan peserta Capres-Cawapres serta rombongannya maksimal 150 orang saja.

“Kami memberikan undangan bagi masing-masing pasangan calon yang jumlahnya akan kami layani di tribun yang disiapkan pada halaman parkir Kantor KPU itu. Masing-masing pimpinan partai politik atau tokoh tokoh yang diusulkan oleh masing masing pasangan calon kuotanya adalah 150 orang,” terangnya.

Diutamakan yang hadir dalam undangan rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut adalah Ketua Umum dan Sekjen partai politik.

“Khusus untuk pimpinan partai politik tentunya Ketum, Sekjen masing-masing partai politik beserta pasangan calon,” sambungnya.

Dipaparkan Hasyim, pada acara tersebut, masing-masing Capres dan Cawapres akan diberikan waktu maksimal 10 menit kepada keduanya untuk berbicara dan menyampaikan kata dua patah kata untuk pendukung dan masyarakat Indonesia secara terbuka.

“Rangkaiannya setelah makan malam dilakukan rapat pleno terbuka pengambilan atau pengundian nomor urut, setelah itu kami berikan kesempatan kepada masing-masing pasangan calon sekitar 10 menit untuk menyampaikan kata sambutan pasangan Capres-Cawapres satu tim 10 menit,” pungkasnya.