Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ini Visi Misi 3 Paslon Capres-Cawapres yang Sudah Daftar ke KPU

HOLOPIS.COM, JAKARTA  – Sudah ada 3 pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden, yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk mengikuti pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Paslon pertama yang mendaftar, ada Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Nasdem.

Kemudian Paslon kedua, yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hanura.

Terkahir, ada Paslon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang mendaftar di hari terakhir.

Ketiga paslon tersebut, tentunya harus memiliki visi misi untuk menjadi salah satu faktor yang membantu menentukan pilihan para pemilih. Selain itu, ada juga faktor lain yang cukup penting untuk menentukan pilihan. Seperti, sosok calon presiden dan wakil presiden, program kerja, serta elektabilitas.

Lalu, apa saja visi misi yang dihadirkan ketiga Paslon yang sudah resmi mendaftar ke KPU RI ?

1. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Anies-Imin
Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar di depan kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 19 Oktober 2023. [foto : Holopis.com/RPG]

Pasangan yang akrab disebut dengan panggilan AMIN ini, mengusung visi “Indonesia Adil untuk Semua”. Mereka ingin mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia.

Visi tersebut, akan diwujudkan dengan 8 misi yang disebut “8 Jalan Perubahan”.

1. Memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan biaya hidup murah melalui kemandirian pangan, ketahanan energi, dan kedaulatan air.
2. Mengentaskan kemiskinan dengan memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja, mewujudkan upah berkeadilan, menjamin kemajuan ekonomi berbasis kemandirian dan pemerataan, serta mendukung korporasi Indonesia berhasil di negeri sendiri dan bertumbuh di kancah global.
3. Mewujudkan keadilan ekologis berkelanjutan untuk generasi mendatang.
4. Membangun kota dan desa berbasis kawasan yang manusiawi, berkeadilan, dan saling memajukan.
5. Mewujudukan manusia Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, berakhlak, serta berbudaya.
6. Mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera dan bahagia sebagai akar kekuatan bangsa.
7. Memperkuat sistem pertahanan dan keamanan negara, serta meningkatkan peran dan kepemimpinan Indonesia dalam kancah politik global untuk mewujudkan kepentingan nasional dan perdamaian dunia.
8. Memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum dan HAM, memberantas korupsi tanpa tebang pilih, serta menyelenggarakan pemerintahan yang berpihak pada rakyat.

2. Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Ganjar dan Mahfud
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD usai mendaftarkan diri sebagai pasangan Capres-Cawapres 2024 di KPU RI pada hari Kamis, 19 Oktober 2023. [foto : Holopis.com/RPG]

Pasangan ini memiliki visi Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari”. Keduanya, ingin mewujudkan Indonesia yang unggul dalam segala bidang dengan memanfaatkan potensi maritimnya.

Untuk mewujudkan visi tersebut, yang akan ditempuh dengan 8 Gerak Cepat Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

1. Mempercepat pembangunan manusia Indonesia unggul yang berkualitas, produktif, dan berkepribadian.
2. Mempercepat penguasaan sains dan teknologi melalui percepatan riset dan inovasi (R&I) berdikari.
3. Mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah.
4. Mempercepat pemerataan pembangunan ekonomi.
5. Mempercepat pembangunan sistem digital nasional.
6. Mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan biru.
7. Mempercepat pelaksanaan demokrasi substantif, penghormatan HAM, supremasi hukum yang berkeadilan, dan keamanan yang profesional.
8. Mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahanan negara.

3. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Prabowo Subianto
Capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto di KPU. [Foto: Holopis.com/BI]

Pasalon yang paling terakhir mendaftar ini, memiliki visi “Bersama Indonesia Maju: Menuju Indonesia Emas 2045”. Mereka ingin mewujudkan Indonesia menjadi sebuah negara yang setara dengan negara maju di tahun 2045. Untuk mencapai visi tersebut, akan dicapai dengan 8 misi yang disebut Asta Cita.

1. Memperkokoh ideologi pancasila, demokrasi, dan Hak Asasi Manusia (HAM).
2. Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.
3. Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur.
4. Memperkuat pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.
5. Melanjutkan hilirasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.
6. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.
7. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba.
8. Memperkuat penyelerasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru