Selasa, 25 Juni 2024
BerandaNewsKesehatanPemuda Pancasila Ajak Siswa SDN Pulo 1 Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat

Pemuda Pancasila Ajak Siswa SDN Pulo 1 Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (MPN PP) bidang Kesehatan, dr Rinny Marthavinna mengajak anak-anak sekolah dasar di SDN Pulo 01, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan untuk menggalakkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat).

“Perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit,” kata Rinny dalam keterangannya kepada Holopis.com, Kamis (19/10) kemarin.

Tujuan dari kegiatan itu adalah bagaimana agar para siswa dan siswi yang berjumlah sekitar 300 orang untuk kelas 1, 2 dan 3 tersebut mampu memahami bagaimana cara-cara fundamental untuk menjaga kehidupan yang bersih dan sehat.

“Diarahkan untuk meningkatkan kesadaran akan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Bagi Rinny, berperilaku hidup bersih dan sehat ini penting agar bisa menjadi pemahaman dan kesadaran mereka bagaimana mengupayakan agar lingkungan tidak kotor, badan mereka tetap bersih dan semua bisa gembira.

“Dengan pengetahuan yang diberikan hari ini, kami berharap mereka akan menjadi agen perubahan dalam lingkungan sekolah dan keluarga mereka,” terangnya.

Penyuluhan paling dasar yang diberikan oleh para dewan guru pendamping dan Rinny adalah 7 langkah tata cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Selain mencuci tangan, Rinny juga memberikan pemahaman tentang teknik menyikat gigi yang benar, serta dipaparkan pula tentang pentingnya menjaga kebersihan mulut.

Rinny bersyukur sekali melihat para peserta ternyata sangat antusias dalam mengikuti penyuluhan ini. Mereka dengan serius mendengarkan penjelasan dan dengan penuh semangat mengikuti praktik tata cara cuci tangan dan menyikat gigi yang benar.

“Kami sangat senang melihat antusiasme siswa-siswi dalam kegiatan penyuluhan tadi. Ini merupakan langkah awal yang penting untuk membentuk perilaku hidup bersih dan sehat yang berkelanjutan,” papar Rinny.

Lebih lanjut, sesi doorprize juga menjadi momen yang menggembirakan dalam kegiatan ini. Peserta diberikan pertanyaan seputar PHBS, dan mereka dengan aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Beberapa di antara mereka berhasil memenangkan hadiah menarik.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa kegiatan penyuluhan ini merupakan bagian dari peringatan HUT ke 64 tahun MPN Pemuda Pancasila. Salah satu materinya adalah memberikan penyuluhan tentang langkah positif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya PHBS di kalangan generasi muda, serta berkontribusi dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat secara lebih luas.

“Semoga ini menjadi awal yang baik dalam mendorong perubahan positif dalam pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah dan sekitarnya,” pungkas Rinny.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Manfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kacang polong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan jenis makanan apapun, mulai dijadikan sebagai camilan hingga olahan masakan. Selain lezat dikonsumsi,...

Tips Ampuh Atasi Insomnia dengan Mudah

Insomnia atau kesulitan tidur adalah masalah umum yang dapat memengaruhi kualitas dan produktivitas hidup seseorang secara signifikan.

Mengenal Glaukoma, Penyakit yang Bisa Bikin Buta

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komedian Adul sempat membuat kehebohan setelah sebuah gossip menyebutkan bahwa ia mengalami kebutaan. Klaim kebutaan itu terjadi disebutkan karena penyakit glaukoma...

Keju Gak Cuman Lezat, Tapi Juga Bikin Sehat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagian besar orang di dunia ini suka mengonsumsi keju, bahkan di sebagian belahan dunia keju jadi salah satu makanan pokok setiap...

Mengapa Daging Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak? Begini Penjelasannya

Ketika mempersiapkan daging untuk dimasak, banyak orang memiliki kebiasaan mencuci daging terlebih dahulu. Mereka berpikir bahwa mencuci daging dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin ada.

Banyak Makan Daging? Minum Ini Biar Gak Kolestrol!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Salah satu penyebab kolestrol adalah karena terlalu banyak menyantap daging. Apalagi di momen hari besar seperti Idul Adha, dimana masyarakat Indonesia...

HOLOPIS FEEDS