HOLOPIS.COM, JAKARTA – Nama pengurus PT Waskita Karya kembali masuk dalam daftar pemeriksaan kasus korupsi tol MBZ yang merugikan negara hingga triliunan rupiah.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana mengungkapkan, pengurus WSKT yang diperiksa adalah AM selaku Wakil Kepala Divisi 3 PT. Waskita Karya periode 2017-2018.

“Pemeriksaan ini bagian memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan sekaligus membuat terang tindak pidana,” kata Ketut dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (10/10).

Sejauh ini, dari empat tersangka yang telah ditetapkan dalam proyek tol layang sepanjang 38 Km dan berbiaya Rp13, 5 triliun minus dari pemenang lelang. Seperti diketahui, mega proyek tersebut dimenangkan oleh WSKT dan PT. Acset Indonusa anak usaha Astra Group yang kemudian membentuk usaha baru Waskita Acset dalam bentuk KSO (Kerja Sama Operasi).

Dalam keterangannya, Ketut tidak menjelaskan alasan diperiksanya AM dalam perkara yang sampai ini baru menjerat Pensiunan WSKT sebagai tersangka penghalangan penyidikan.

Secara terpisah, ikut diperiksa JS (Ketua dan Anggota Panitia Penilaian Serah Terima Sementara (Provisional Hard Over / PHO) Tahun 2020) dan HSS (Kasubdit Jalan Bebas Hambatan periode 2015-2018).

Penyidik pun sebelumnya sudah memeriksa sejumlah Jajaran WSKT, namun belakangan fokus kepada PT. Jasamarga Jalanlayang Cikampek (anak usaha PT. Jasa Marga).

Pemeriksaan baru diintensifkan lagi usai menetapkan Djoko Dwijono selalu Dirut PT. Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) serta dua pihak terkait dan terakhir Direktur PT. Bukaka Teknik Utama Sofiah Balfas sebagai tersangka.

Diantara Jajaran WSKT yang pernah diperiksa, adalah KNN (Karyawan Kontrak PT. Acset Indonesia selalu Civil Site Engineering, Proyek Tol Japek II Elevated KSO Waskita Acset), Rabu (5/4). Lalu, M (Quantity Surveyor Officer pada Divisi Infrastruktur 2 pada PT. Waskita Karya (persero) Tbk) dan JGC (Wakil Ketua KSO Waskita Acset Pekerjaan Pembangunan Jalan Layang Jakarta Cikampek).

Terakhir, SBN selaku Karyawan PT Waskita Karya (persero) Tbk. Site Administrator Manager Proyek Tol Japek II Elevated.