Selasa, 25 Juni 2024
BerandaPolhukamPilpresAnies Ngaku Masih Kredit Rumah, Kampanye Modal?

Anies Ngaku Masih Kredit Rumah, Kampanye Modal?

HOLOPIS.COM, YOGYAKARTA – Bakal Calon Presiden (Bacapres), Anies Baswedan mengklaim memiliki harta kekayaan paling kecil.

Jawaban itu diberikan Anies atas pertanyaan Najwa Shihab terkait biaya safari politik usai dideklarasikan Nasdem sebagai bakal capres.

“Saya menjadi calon presiden tidak pernah mendaftar, tidak pernah mengajukan diri. Saya diajukan oleh Partai Nasdem pertama kali, partai yang dulu beroposisi ketika di Jakarta,” kata Anies dalam acara dialog bertajuk “3 Bacapres Bicara Gagasan” yang digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Selasa (19/9).

Penjelasan Anies itu sempat dipotong Najwa Shihab. Dia bertanya lebih dalam lagi soal budget rupiah yang dihabiskan Anies.

Penerbit Iklan Google Adsense

Najwa menyinggung pernyataan bakal cawapres Anies yaitu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin soal maju jadi caleg di DKI sudah menghabiskan sekitar Rp40 miliar.

Tak lama setelah itu, Najwa pun mengeluarkan laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) milik Anies.

“Saya harus mengeluarkan LHKPN Anda mas Anies, karena sebagai pejabat publik, kekayaan itu bukan sesuatu yang harus ditutupi,” tutur Najwa.

Anies pun menjawab terkait LHKPN tersebut. Dia mengatakan dari sekitar Rp11,1 miliar itu, mayoritas adalah bentuknya utang.

“Sebentar, utangnya berapa? Gak, dari Rp11 miliar itu mayoritas bentuknya hutang, karena saya masih kredit rumah sampai sekarang,” ucap Anies.

Anies menambahkan bahwa sejauh ini begitu banyak orang dan relawan yang membantu.

“Kami dipinjami dalam bentuk rumah, dipinjami kendaraan, staf-staf yang kita bekerja bersama sebagian adalah mereka dibayar oleh perusahaan-perusahaan yang membantu kita. Jadi secara pembiayaan, itu bukan pembiayaan seperti diberikan rupiah, bentuknya adalah kalau itu in kind atau natura,” ujarnya.

Anies menegaskan bahwa timnya tidak berencana mengumpulkan uang. Tapi ia mengaku bahwa 600 relawan bergerak melakukan fundraising.

“Kalau saya datang ke sebuah tempat, maka tuan rumah disana yang akan meng-handle biayanya, ini menjadi sebuah iuran,” ucap Anies.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.

Timnas AMIN Segera Dibubarkan, Pilpres 2024 Selesai!

Timnas AMIN akan dibubarkan secara resmi pada hari Jumat, 26 April 2024 dalam agenda Halal Bihalal di kediaman Anies Baswedan di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

PDIP Ternyata Masih Ngotot Ajukan Hak Angket, Belum Ikhlas Kalah Pilpres

Ahmad Basarah menegaskan bahwa sampai dengan saat ini fraksinya terus melakukan pendalaman wacana untuk menggulirkan hak angket kecurangan Pemilu 2024 di DPR RI.

PPP Tegaskan Pilpres 2024 Selesai, Tak Mau Ikut Campur Lagi dengan PDIP

PPP menegaskan bahwa pasca putusan MK tentang sengketa PHPU yang dibacakan pada tanggal 22 April 2024 lalu menunjukkan, bahwa semua rangkaian Pilpres 2024 sudah selesai.

HOLOPIS FEEDS