HOLOPIS.COM, JAKARTA – Drawing Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung hari ini, Jumat (15/9) pukul 21.00 WIB di markas FIFA, Zurich, Swiss. Potensi Indonesia bertemu tim kuat pun bisa saja terjadi.

Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 otomatis masuk Pot 1, meski terhindar dari lawan-lawan super kuat seperti Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol dan Jerman, namun Pot lain tak bisa dianggap remeh.

Indonesia bisa saja satu grup dengan Inggris atau Argentina yang ada di Pot 2, atau Amerika Serikat hingga Iran dari Pot 3, sampai Polandia atau Kanada dari Pot 4.

Meski begitu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan bahwa Timnas U17 Indonesia tak perlu takut satu grup dengan tim-tim besar.

“Yang pasti ada tantangan ketika Indonesia masuk di Pot 1 sebagai tim unggulan. Tapi mau bilang apa, itu previlege sebagai tuan rumah. Oleh sebab itu, jauh hari kami di PSSI sudah menyiapkan agar Timnas Garuda Muda ini benar-benar layak berada di posisi unggulan,” ungkap Erick Thohir, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Jumat (15/9).

“Program pelatnas selama sebulan lebih di Jerman menjadi bagian penting, selain dukungan dengan keberadaan Frank Wormuth dan sepakbola Jerman, serta klub Dortmund yang siap mematangkan tim,” sambungnya.

“Potensi satu grup dengan tim negara yang kuat pasti ada. Namun, saya percaya di olahraga, apalagi di permainan tim, kuncinya adalah kerjasama dan nyali. Kita sering lihat di ajang Piala Dunia, tim unggulan tumbang oleh tim yang dibawahnya,” tambahnya.

“Pelatnas ke Jerman juga untuk menambah hal-hal non teknis bagi tim sehingga mereka akan terbiasa melawan tim asing, punya nyali kuat, dan terus fight hingga peluit akhir,” imbuhnya.

Pembagian Pot Piala Dunia U-17 2023

  • Pot 1: Indonesia, Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, Jerman
  • Pot 2: Mali, Inggris, Jepang, Korea Selatan, Argentina, Ekuador
  • Pot 3: Selandia Baru, Iran, Senegal, Amerika Serikat, Uzbekistan, Maroko
  • Pot 4: Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Burkina Faso, Polandia, Venezuela.