HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perlu sobat Holopis ketahui, paparan serpihan kulit mati (bulu) yang dilepaskan oleh hewan peliharaan seringkali memicu alergi. Dalam hal ini, hewan berbulu apapun sebenarnya dapat menjadi pemicu alergi, namun paling umum terjadi dikarenakan kucing.

Bermain dengan hewan peliharaan tentu saja menyenangkan, tetapi akan menjadi mimpi buruk ketika sobat memiliki alergi terhadap bulu kucing. Karena biasanya, kucing suka bermanja dengan majikannya sehingga kontak fisik seperti mencium atau bahkan memeluknya sangat sering dilakukan.

Kenapa sih orang bisa alergi?

Faktanya, sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi untuk melawan zat-zat yang dapat berpotensi membahayakan tubuh, seperti bakteri dan virus.

Namun, dalam kasus alergi, sistem kekebalan tubuh keliru mengidentifikasi zat yang sebenarnya tidak berbahaya (alergen) sebagai ancaman dan mulai menghasilkan antibodi untuk melawannya.

Dikutip Holopis.com dari webmd, Rabu (30/8), berikut beberapa ciri-ciri atau symptoms dari alergi bulu kucing :

Batuk dan Bersin

Ketika sobat sudah terlalu dekat dengan kucing, biasanya beberapa menit kemudian akan mulai bersin-bersin yang terjadi berulang kali dan batuk-batuk yang dicirikan dengan rasa gatal dan kesusahan bernafas.

Bengkak Area Mata dan Gatal Pada Hidung

Alergi bulu kucing dapat menyebabkan pembengkakan dan gatal pada selaput di sekitar mata dan hidung, biasanya menyebabkan radang mata dan hidung tersumbat. Radang pada mata dicirikan dengan rasa gatal dan bila dikucek berakibat merah dan bengkak berlendir.

Gatal dan Ruam di Wajah

Sehabis memegang kucing, pemilik harus mencuci tangan sampai bersih. Karena paparan dari bulu yang menempel pada tangan dan bersentuhan dengan wajah dapat membuatnya terasa sangat gatal dan diakhiri dengan ruam merah diseluruh wajah lho.
Biasanya kalau sudah begini, rasanya sangat tidak nyaman, jadi biasakan mencuci tangan dahulu ya!

Jika sobat merasakan ciri-ciri di atas, strategi terbaik adalah menghindari atau mengurangi paparan terhadap hewan tersebut. Jika memang ingin bermanja dengan kucing kesayangan, usahakan jangan terlalu lama berada didekatnya dan langsung membersihkan diri ya sobat Holopis!