BerandaNewsKesehatan5 Jenis Makanan ini Bisa Turunkan Asam Lambung, Catat !

5 Jenis Makanan ini Bisa Turunkan Asam Lambung, Catat !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang banyak ditemui pada masyarakat Indonesia. Penyakit yang satu ini tak hanya menyerang remaja, namun juga pada seseorang yang telah mencapai usia dewasa, bahkan lansia.

Adapun gejala asam lambung yang muncul pada tubuh seseorang diantaranya yaitu, timbul rasa nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, serta rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Tak hanya itu, beberapa kasus asam lambung yang masuk ke tahap parah bahkan membuat penderitanya mengalami kesulitan dalam menelan makanan. Melihat apa yang dijelaskan sebelumnya, maka penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau mengetahui cara meringankan gejala asam lambung tersebut.

Salah satu cara meringankan asam lambung, yaitu dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui daftar makanan tersebut, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Rabu (23/8).

Penerbit Iklan Google Adsense

Daftar Makanan Penurun Asam Lambung

1. Sayuran: Anda dapat mengkonsumsi jenis sayuran seperti brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, mentimun, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

2. Jahe: Memiliki sifat anti-inflamasi yang diyakini dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit maag, ataupun masalah pencernaan lainnya.

3. Pisang: Konsumsi beberapa buah non-sitrus seperti pisang merupakan makanan yang baik bagi penderita asam lambung, karena dapat menjadi buah penurun asam lambung.

4. Putih Telur: Tak hanya sehat, putih pada telur adalah pilihan makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Namun perlu diingat, tidak untuk kuning telur karena mengandung lemak cukup tinggi serta dapat memicu gejala refluks asam lambung.

5. Yoghurt: Meski terkadang dijauhi penderita asam lambung lantaran dikhawatirkan akan lebih memperparah keadaan, nyatanya yoghurt justru memiliki efek baik bagi penderita asam lambung karena sudah difermentasi.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Cara Mencegah TBC : Langkah-langkah yang Penting Diikuti

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Saat ini Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, dan diikuti oleh China.

Mengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh mana pun, tetapi biasanya mengenai paru-paru.

Cara Paling Ampuh Atasi Batuk pada Anak, Cobain deh!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Batuk memang bukan rahasia umum lagi kerap diderita oleh anak-anak. Namun sobat Holopis tak perlu khawatir, ada beragam cara untuk mengatasi...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS