Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hati-hati, 6 Kebiasaan Ini bisa Ganggu Kesehatan Mental Anda

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sama pentingnya dengan kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga agar terhindar dari berbagai gangguan mental. Anda perlu mengetahui bahwa, ada beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, mulai dari kepribadian, lingkungan, hingga kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang.

Tidak hanya disebabkan oleh trauma, kondisi kesehatan mental juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Meskipun kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut tidak dilakukan secara sengaja, namun dampaknya akan memengaruhi kesehatan mental seseorang.

Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini guna mengetahui apa saja kebiasaan buruk yang berdampak buruk bagi kesehatan mental, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com melalui situs resmi Halodoc, Kamis (10/8).

Malas Bergerak

Usahakan untuk lebih aktif bergerak mulai dari sekarang, pasalnya kebiasaan malas gerak justru akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan fisik dan mental. Oleh kerena itu, cobalah dengan berolahraga ataupun melakukan aktivitas fisik yang dapat menurunkan risiko gejala depresi. Anda bisa melakukan olahraga ringan secara rutin mulai dari berjalan kaki, bersepeda, atau memilih menggunakan tangga ketika berada di kantor.

Kurang Tidur

Berdasarkan penelitian Harvard Medical School, kebiasaan kurang tidur dapat berkaitan erat dengan kesehatan mental seseorang. Tak hanya mengganggu kesehatan fisik, kurang tidur juga dapat membuat penderitanya mengalami gangguan kesehatan mental. Adapun beberapa gangguan mental yang mungkin dialami oleh seseorang yang kurang tidur yaitu, depresi, gangguan bipolar, serta gangguan kecemasan.

Menunda Makan

Bila anda salah satu orang yang suka menunda makan, sebaiknya hindari mulai dari sekarang. Hal ini karena, bila terlambat makan akan membuat nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Perlu diketahui, menurut Mental Health Foundation kekurangan nutrisi bisa sebabkan gangguan kesehatan mental. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh.

Sepelekan Kondisi Stres

Stres sangat wajar dialami sesekali oleh siapapun, namun sebaiknya jangan sepelekan stres yang dialami sehari-hari. Hal ini karena, membiarkan stres terlalu berlarut-larut justru dapat menyebabkan depresi. Tentu sjaa kondisi tersebut tidak baik bagi kesehatan mental jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Beberapa gejala yang perlu anda ketahui seperti, hilang semangat, gangguan tidur, sulit berkonsentrasi, dan mudah marah merupakan beberapa tanda depresi.

Terlalu Sering Menggunakan Gawai

Penggunaan gawai di era modern seperti sekarang memang tak dapat dipungkiri manfaatnya, karena menjadi alat komunikasi paling cepat. Namun, perlu diingat bahwa terlalu sering menggunakan gawai justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental. Itu sebabnya, penting untuk selalu bijak dalam penggunaan gawai agar hubungan komunikasi anda dan orang sekitar tetap terjaga, begitu juga dengan kondisi kesehatan anda.

Kurang Berinterakaksi dengan Orang Lain

Kebiasaan kurang bergaul atau jarang berinteraksi dengan orang lain dapat sebabkan gangguan kesehatan mental. Sebaiknya anda membiasakan diri dengan mulai sempatkan waktu berkumpul bersama orang terdekat, seperti keluarga, teman, atau pasangan dan melakukan hal yang menyenangkan bersama-sama. Bila semua hal ini anda lakukan, maka rasa stres maupun lelah akan pekerjaan dapat teratasi dengan baik.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru