Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Organisasi Meteorologi Dunia : Perubahan Iklim Asia Semakin Kritis

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan bahwa peristiwa cuaca ekstrem akan memiliki efek yang besar di benua Asia. Beberapa dampak yang akan terjadi, termasuk kekeringan hingga banjir dengan skala besar.

“Perubahan iklim sedang meningkat di Asia dan pasti akan memengaruhi ketahanan pangan dan ekosistem benua itu,” demikian disampaikan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), dikutip Holopis.com, Kamis (27/7).

Berdasarkan laporan terbaru organisasi tersebut, Asia disebutkan sebagai wilayah yang paling parah terkena dampak bencana di dunia.

Sebanyak 81 bencana yang terdiri dari cuaca, iklim, dan air tercatat tahun lalu di Asia merupakan dampak dari perbuahan iklim.

Bencana tersebut termasuk banjir di Pakistan yang sampai menewaskan lebih dari 1.500 orang, serta menggenangi sebagian besar wilayah di negara itu.

Sementara itu, China malah mengalami kebalikannya. China melewati kekeringan parah yang berdampak pada pasokan listrik serta ketersediaan air.

Lebih lanjut, WMO pun mengatakan bahwa sebagian besar gletser di wilayah Pegunungan Tinggi Asia telah kehilangan massa yang signifikan, sehingga menyebabkan akibat kondisi hangat serta kering pada tahun 2022 lalu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru