BerandaNewsEkobizRamai Mahasiswa RI Jadi WN Singapura, Politisi Gerindra Ingatkan soal Bonus Demografi

Ramai Mahasiswa RI Jadi WN Singapura, Politisi Gerindra Ingatkan soal Bonus Demografi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Belakangan ini ramai kabar Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di rentang usia produktif berpindah kewarganegaraan Singapura. Bahkan, berdasarkan data Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, terdapat ribuan WNI, termasuk mahasiswa yang pindah kewarganegaraan dalam setiap tahunnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Dhirakanya Djojohadikusumo menilainya sebagai fenomena migrasi yang harus menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, jika hal tersebut terus terjadi, maka target Indonesia Emas pada tahun 2045 hanyalah sebuah mimpi di siang bolong.

“Ini harus menjadi catatan untuk pemerintah Indonesia. Artinya, kan kalau kita mau ke arah 2045 Indonesia emas, hal seperti ini yang harus betul-betul kita evaluasi untuk tidak terjadi lagi, karena kan kita kehilangan masyarakat produktif,” kata Saras, sapaan akrabnya kepada Holopis.com, Jumat (14/7).

Sebagaimana diketahui, Indonesia saat ini tengah memasuki era bonus demografi, di mana penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan dengan usia tidak produktif.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dengan adanya fenomena migrasi ini, membuat Indonesia kehilangan peluang bonus demografi, yang menjadi modal penting menuju Indonesia Emas 2045.

“(Fenomena migrasi itu membuat) kita kehilangan masyarakat produktif. Bukan hanya produktif malah, itu biasanya yang high produktif. Karena kan dia bisa mencari pekerjaan di Singapura,” ujar mantan Legislator itu.

Dia pun berharap, pemerintah bisa segera mengevaluasi permasalahan yang mendasari fenomena migrasi yang mengancam hilangnya peluang Indonesia menjadi negara maju tersebut.

Saras lantas memberikan saran yang dapat ditempuh pemerintah untuk mencegah hal itu terjadi lagi, yakni dengan memastikan ketersediaan lapangan pekerjaan, serta insentif yang dapat menarik masyatakat produktif untuk tetap tinggal dan bekerja di Tanah Air.

“Seharusnya kita bisa evaluasi. Kita bisa memastikan kalau lapangan pekerjaan di Indonesia itu ada, insentifnya juga ada, dan betul-betul istilahnya sesuai dengan keahliannya. Karena mungkin di sini insentifnya kurang,” tukas Saras.

Diberitakan Holopis.com sebelumnya, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim mengungkapkan, bahwa terdapat ribuan WNI usia produktif, termasuk mahasiswa pindah kewarganegaraan ke Singapura.

Pada 2022, sebanyak 1.091 WNI hijrah ke Singapura. Hingga April 2023, sudah ada 329 WNI yang pindah sebagai warga negara Singapura. Jumlah ini lebih banyak dari periode yang sama pada tahun lalu, yang mencapai 286 orang.

Perbandingan upah minimum regional (UMR) Indonesia dengan Singapura yang terbilang jomplang menjadi salah satu pertimbangan WNI untuk bermigrasi ke Singapura. masalah ketertiban masyarakat juga menjadi alasan para WNI pindah ke Singapura.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS