Kalian Harus Tau, Ternyata Ini Penyebab Mudah Ngantuk

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rasa ngantuk yang tertahankan tentu saja dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Umumnya, lama waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa adalah 7 hingga 9 jam sehari. Meski begitu, rasa ngantuk berlebihan bisa saja terjadi meski waktu tidur anda sudah cukup atau bahkan sudah tidur lebih lama dari waktu yang dianjurkan.

Tidak hanya mengganggu aktivitas anda sehari-hari, rasa kantuk tak tertahankan juga dapat membahayakan keselamatan anda. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui apa saja faktor penyebab mudah mengantuk atau ngantuk secara berlebihan, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Rabu (12/7).

Faktor Penyebab Mudah Mengantuk

Umumnya, mudah mengantuk sering disebabkan oleh bekerja lembur atau beraktivitas hingga larut malam (begadang). Kondisi ini menyebabkan jam tidur anda berkurang dan mudah mengantuk keesokan harinya, tak hanya itu ada pula keluhan mudah mengantuk yang disebabkan oleh beberapa hal lainnya seperti:

Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan mudah mengantuk, diantaranya:

1. Gangguan tidur, seperti narkolepsi, sleep apnea, hipersomnia, dan insomnia
2. Diabetes
3. Kelainan hormon, seperti hipotiroidisme
4. Gangguan elektrolit, seperti kekurangan atau kelebihan natrium serta kelebihan kalsium
5. Sindrom kelelahan kronis
6. Jet lag

Masalah Kejiwaan

Perlu diketahui, mudah mengantuk atau keseringan mengantuk juga dapat disebabkan oleh masalah pada kondisi mental, emosional, atau psikologis misalnya saat anda merasa bosan. Namun, mudah mengantuk juga dapat menjadi gejala dari beberapa gangguan kejiwaan tertentu seperti gangguan cemas, stres berat, depresi, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Efek Samping Obat-Obatan

Jenis obat-obatan seperti, obat tidur dan obat penenang, serta obat antihistamin diketahui dapat menimbulkan efek samping yang dapat membuat anda mudah mengantuk setelah mengkonsumsinya. Selain obat-obatan tersebut, konsumsi alkohol berlebihan juga dapat membuat anda mudah mengantuk.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tak Sekadar Aroma, Daun Pandan Juga Bisa Bikin Cantik

Dikenal karena aroma khasnya yang harum, daun pandan bukan hanya menambah kelezatan hidangan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kecantikan dan kesehatan.

4 Tanda Demam yang Harus Diperiksa ke Dokter

Demam adalah respons tubuh terhadap infeksi atau kondisi medis lainnya, dan seringkali dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan penyakit.

Resmikan RS Khusus, Jokowi Harap Bisa Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menaruh harapan besar dengan telah diresmikannya Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru