Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Pajak Progresif Biang Kerok Mobil Mewah Alamatnya di Gang Sempit

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pajak progresif diterapkan, bagi pemilik kendaraan lebih dari satu atas nama satu orang. Tarif pajak progresif, akan berbeda-beda tergantung jumlah kendaraan yang dimiliki.

Hal ini diduga menjadi alasan, pemilik kendaraan menggunakan nama orang lain untuk menghindari pajak progresif. Sehingga, beberapa kali ditemukan alamat pemilik mobil mewah berada di gang sempit yang tidak bisa diakses oleh mobil.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi memberikan contoh, jika pihaknya pernah menemukan pemilik Alphard justru tinggal di gubuk.

Setelah diselidiki, ternyata pemilik mobil hanya meminjam identitas yang bersangkutan untuk menghindari pajak progresif kendaraan.

Firman mengatakan, Polisi akan mengusulkan pajak progresif dihapuskan, sehingga identifikasi kendaraan bisa dengan mudah dilakukan pihak Kepolisian.

Ia juga menjelaskan, jika pajak progresif justru membuat orang mengakali untuk memiliki kendaraan tanpa membayar.

Selain menggunakan identitas orang lain, ada juga yang menghindari pajak progresif dengan membeli kendaraan atas nama perusahaan.

“Kami juga lewat Samsat Nasional, untuk yang punya mobil 3, 4 biar saja enggak usah diprogresif,” katanya dalam RDP dengan Komisi III DPR beberapa waktu lalu yang dikutip Holopis.com, Senin (10/7).

“Ini ketidaktertiban ini harus kami jawab dengan identifikasi tadi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk tarif pajak kendaraan kepemilikan oleh orang pribadi di Jakarta, ditetapkan sesuai Pasal 7 Perda No. 2 tahun 2015.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

BMW Eurokars Kebon Jeruk Jadi Diler Berkonsep Retail.Next di Jakarta Barat

BMW Group Indonesia meresmikan dealernya, dengakn konsep yang berbeda. Kali ini, BMW Eurokars Kebon Jeruk hadir dengan konsep Retail.Next dan tampilan yang mewah serta eksklusif.

Huawei Mau Ikut Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Huawei dikabarkan akan memperluar sayap bisnisnya di Indonesia, tidak hanya di pasar teknologi informasi dan komunikasi. Seperti diketahui, Huawei punya beberapa produk gadget yang dipasarkan di Indonesia.

Pabrik Handal Bekasi jadi Lokasi Perakitan Mobil Listrik Neta X

Mobil Listrik Neta X mulai dirakit di pabrik Handal, Bekasi, Jawa Barat. Ini menjadi produk kedua PT Neta Auto Indonesia yang dirakit di Indoensia, setelah sebelumnya ada Neta V-II.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru