BPOM Temukan 13 Skincare Ilegal Mengandung Merkuri, Simak Daftarnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menemukan setidaknya 13 produk kencantikan kosmetik atau skincare ilegal yang mengandung bahan berbahaya, seperti merkuri.

“Di lapangan BPOM masih saja menemukan produk seperti HN, Natural 99, dan lainnya yang mengandung bahan dilarang seperti merkuri,” terang BPOM dalam keterangan resminya yang dikutip Holopis.com, Senin (3/7).

Berikut daftar 13 produk kosmetik ilegal mengandung merkuri menurut BPOM:

  1. Temulawak New and Day Night
  2. CAC Glow
  3. Natural 99
  4. HN Siang dan Malam
  5. SP Special UV Whitening
  6. Dr Original Pemutih
  7. Super Dr Quality Gold SPF 30
  8. Diamond Cream
  9. Herbal Plus New Day & Night
  10. Ling Zhi Day & Night
  11. Sj Sin Jung
  12. Tabita
  13. Krim Labella

Sebagai informasi Sobat Holopis, pemakaian kosmetik dengan kandungan merkuri sangatlah berbahaya bagi kesehatan kulit. pemakaian kosmetik dengan kandungan zat berbahaya itu bahkan menimbulkan kanker.

Adapun BPOM sejak Januari 2022 hingga April 2023, telah menemukan lebih dari 300 link penjualan produk tanpa izin edar yang tentu menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.

Sebagian besar di antaranya yakni 42,47 persen adalah obat. Terdapat 262.729 link yang mencantumkan obat ilegal. Terbanyak kedua merupakan kosmetik dengan total 121.795 link. Kemudian disusul pangan olahan, obat tradisional, hingga suplemen kesehatan.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tak Sekadar Aroma, Daun Pandan Juga Bisa Bikin Cantik

Dikenal karena aroma khasnya yang harum, daun pandan bukan hanya menambah kelezatan hidangan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kecantikan dan kesehatan.

4 Tanda Demam yang Harus Diperiksa ke Dokter

Demam adalah respons tubuh terhadap infeksi atau kondisi medis lainnya, dan seringkali dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan penyakit.

Resmikan RS Khusus, Jokowi Harap Bisa Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menaruh harapan besar dengan telah diresmikannya Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru