HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari ini pada tanggal 1 Juli merupakan Hari Bhayangkara yang ke-77. Hari Bhayangkara merupakan perayaan ulang tahun Polri, atau Hari Kepolisian Nasional.

Hari ini diharapkan bisa membuat Kepolisian di Indonesia semakin kuat serta solid dalam menjaga keamanan di antara masyarakat.

Lantas, bagaimana sejarah terbentuknya Hari Bahayangkara?

Hari Bhayangkara ditetapkan pada tanggal 1 Juli, hari itu merupakan tanggal Penetapan Pemerintah Tahun 1946 No. 11/S.D di tahun 1946.

Ini menjadi penanda Kepolisian Indonesia menjadi institusi yang mandiri setelah masa penjajahan di Indonesia.

Nama Bahayangkara dipilih karena merupakan nama dari pasukan elit di masa kerajaan Majapahit. Pasukan Bhayangkara yang dipimpin oleh Gajah Mada terdiri dari 15 pengawai.

Apa saja tujuan Polri?

Tak sekedar memperingati HUT, Polri juga memiliki beberapa tujuan demi menjaga keamanan Indonsia. Mulai dai menegakkan hukum, serta tetap mempertahankan integritas Polri

Berikut tujuan Polri di Indonesia;

  • Menjamin terpeliharanya kemanan, dan ketertiban masyarakat di Indonesia
  • Menegakkan hukum secara berkeadilan
  • Mewujudkan Polri yang professional
  • Modernisasi pelayanan Polri
  • Menerapkan manajemen Polri yang teringegrasi serta terpercaya

Tema Hari Bhayangkara 2023

Dalam perayaan Hari Bhayangkara tahun ini, Polri memilih tema ‘Presisi untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas. Tahun pemilu yang akan segera disambut Indonesia, diharapkan bisa semakin memperkuat kebersamaan dan menjalankan pemilu damai.