Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Chuck Putranto Batal Dipecat Tidak Hormat dari Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Kasubbagaudit Baggak Etika Rowabprof Divisi Propam Polri, Chuck Putranto resmi kembali menjadi anggota Polri setelah sebelumnya dipecat tidak hormat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, hal itu dilakukan setelah proses banding Chuck Putranto diterima Majelis Komisi Kode Etik Polri (KKEP).

“Hasil putusan majelis banding yang bersangkutan tidak di-PTDH,” kata Ahmad Ramadhan dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (29/6).

Dalam putusan terbarunya, Majelis KKEP hanya menjatuhkan sanksi demosi 1 tahun terhadap mantan anak buah Ferdy Sambo tersebut.

“Demosi 1 tahun. Iya dengan putusan banding tersebut yang bersangkutan masih menjadi anggota Polri,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Kode Etik Polri (KKEP) menyatakan mantan Kasubbagaudit Baggak Etika Rowabprof Divisi Propam Polri, Kompol Chuck Putranto terbukti melakukan pelanggaran kode etik kepolisian.

Kadiv Humas Mabes Polri waktu itu yakni Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, dari pemeriksaan terhadap 9 orang saksi, sejumlah perwira yang hadir dalam sidang etik sepakat bahwa anak buah Ferdy Sambo tersebut bersalah.

“Sidang komisi kode etik dipimpin oleh bintang dua dan beberapa anggotanya memutuskan secara kolektif kolegial pelanggaran menyangkut pasal 13 ayat 1 PP nomor 1 tahun 2003, tentang pemberhentian anggota Polri, jo pasal 10 ayat 1 huruf F, Pasal 10ayat 2 huruf H dan Peraturan kepolisian RI nomor 7 tahun 2022 tentang kode etik profesi dan komisi etik Polri,” kata Dedi, Jumat (2/9).

Dalam putusannya, Chuck pun dikenakan sanksi bersifat etika yaitu perilaku pelanggar dinyatakan sebagai perbuatan tercela.

“Pelanggar dikenakan Sanksi administrasi penempatan dalam patsus selama 24 hari dari tanggal 5 sampai 29 agustus 2022 di ruangan patssus biro provost polri dan telah dijalani oleh pelanggar dan yang kedua PTDH sebagai anggota Polri,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru