Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Media Asing Soroti Dukungan Jokowi Lebih Condong ke Prabowo

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebuah media asal Singapura, The Straits Times menyoroti arah dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap sosok kandidat calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang.

Dalam sebuah artikel berjudul ‘Jokowi leaning towards endorsing populist party chairman for Indonesia president: Analysts’, disebutkan, bahwa dukungan Jokowi lebih condong kepada Prabowo Subianto.

Dalam artikel yang tayang pada Senin (26/6) kemarin itu, Jokowi dinilai lebih aman jika memberikan dukungan kepada Prabowo Ketimbang kandidat dari partainya sendiri, yakni Ganjar Pranowo.

Penilaian itu didasarkan pada kedudukan kedua kandidat di partai politik (parpol), dimana Prabowo menduduki kursi Ketua Umum partai Gerindra. Sedangkan Ganjar hanya sebagai kader atau petugas partai di PDI Perjuangan (PDIP)

“Prabowo bukan hanya calon presiden, tetapi juga ketua partai. Wajar jika Jokowi lebih nyaman memberikan dukungan untuk Prabowo,” kata seorang analis politik yang sekaligus peneliti di Harvard Kennedy School, Djayadi Hanan yang dikutip Holopis.com dari artikel The Straits Times, Selasa (27/6).

Dalam artikel yang sama, kecenderungan dukungan Jokowi kepada Prabowo juga terlihat dari kedekatan Jokowi dan Prabowo di berbagai kegiatan.

“Dalam beberapa kesempatan, Jokowi memang telah menunjukkan jika ia nyaman dengan Prabowo,” kata seorang analis politik, Adi Prayitno yang dikutip Holopis.com dari artikel The Straits Times yang sama.

Salah satu contoh kedekatan Jokowi dengan Prabowo nampak saat laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Argentina beberapa waktu lalu, dimana keduanya tampak duduk berdampingan saat menyaksikan laga tersebut.

Selain itu, Prabowo dalam beberapa waktu terakhir juga kerap diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bertemu.

Terbaru, kandidat capres yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI itu datang untuk memenuhi undangan Jokowi ke Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (26/6) kemarin.

Prabowo mengungkapkan, ada sejumlah pembahasan termasuk permasalahan politik yang dibahas dalam pertemuannya dengan Jokowi kala itu.

“Ya saya dipanggil Presiden, menghadap Presiden. (masalah politik) ada secara garis besar,” kata Prabowo di Istana Merdeka, Senin (26/6).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru