Selasa, 25 Juni 2024
BerandaPolhukamPilegSupriansa Harap Proporsional Terbuka Tetap Diperbaiki

Supriansa Harap Proporsional Terbuka Tetap Diperbaiki

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Supriansa menyatakan bahwa baik proporsional terbuka atau tertutup memang ada sisi kelebihan dan kekurangan.

Salah satu dampak negatif dari proporsional terbuka adalah potensi besar praktik money politic.

“Kesempatan terbaik kalau misalnya sistem terbuka itu dilaksanakan dan menanggulangi ada praktik-praktik money politic yang ada di masyarakat,” kata Supriansa dalam keterangannya di Mahkamah Konstitusi (MK) seperti dikutip Holopis.com, Kamis (15/6).

Ia berharap agar wasit garis di pelaksanaan Pemilu bisa bekerja lebih baik, bahkan sampai ke era bawah.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Ini adalah peran Bawaslu bisa bekerja sampai ke bawah,” ujarnya.

Walaupun sistem proporsional terbuka memiliki sisi kekurangan, namun ia mensinyalir bahwa sistem pemilu tersebut jauh lebih baik ketimbang proporsional tertutup.

“Sistem terbuka jauh lebih baik dibanding sistem tertutup, karena ini adalah memberikan kesempatan kepada rakyat untuk memilih calonnya secara sendiri dan mendekatkan rakyat kepada yang dipilih,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

PPP Tak Lolos Parlemen, Mardiono Janji Tanggung Jawab Penuh

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono menegaskan akan bertanggung jawab atas ditolaknya gugatan yang diajukan PPP terkait sengketa Pemilu 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Mardiono Kecewa PPP Tak Lolos Parlemen

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan PHPU Pileg yang diajukan oleh pihaknya.

Demokrat Sarankan Arsul Sani Pikir Ulang Ikut Sidangkan Sengketa PHPU Pileg

Benny Kabur Harman menyarankan agar Arsul Sani berpikir ulang untuk ikut terlibat di dalam persidangan sengketa hasil Pileg 2024.

Demokrat Terima Hasil Pileg Walau Kehilangan 10 Kursi

Benny Kabur Harman menyampaikan bahwa pihaknya sudah sangat legowo dan menerima hasil pemilu, termasuk Pileg 2024 yang ternyata membuat mereka kehilangan 10 kursi di Senayan.

Ade Armando Legowo PSI Gagal Duduk di Senayan

Ade Armando menyampaikan bahwa pihaknya sudah sangat legowo dengan hasil perolehan suara partainya untuk DPR RI.

Arteria Dahlan Minta Pihak yang Kalah Pemilu Sadar Diri

Arteria Dahlan mengungkapkan salah satu kiat yang dilakukan dirinya dalam menerima kondisi bahwa dirinya gagal untuk kembali menjabat di DPR RI.

HOLOPIS FEEDS