Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Ingin Ikuti Jejak Korsel yang Sukses Keluar dari Middle Income Trap

Jokowi Ingin Ikuti Jejak Korsel yang Sukses Keluar dari Middle Income Trap

HOLOPIS. COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keinginannya agar Indonesia ke depan dapat keluar dari jebakan negara berpendapatan memengah alias middle income trap.

Dia menuturkan, bukan hal mustahil bagi Indonesia untuk bisa keluar dari middle income trap. Pasalnya pada tahun 2030 nanti, Indonesia akan berada pada puncak bonus demografi, dimana 68,3 persen total penduduk indonesia berusia produktif.

Dia lantas berharap agar bonus demografi tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, sebagaimana Korea Selatan (Korsel) yang mampu memanfaatkan bonus demografinya untuk bisa keluar dari jerat middle income trap.

“Ini korea selatan sebagai contoh dalam 8 tahun mampu keluar dari middle income trap, jebakan negara berpendapatan menengah,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (15/6).

Jokowi menjelaskan, bahwa Korsel hanya dalam kurun waktu 8 tahun mampu meningkatkan Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto (PDB) mereka, dari yang sebelumnya hanya 3.500 menjadi 11.800.

“Lompatan seperti ini yang perlu kita tiru, perlu kita contoh, karena kualitas SDM-nya, yang fokus pada teknologi dan produktifitas,” tegas Jokowi.

Menurutnya, Indonesia ke depan harus berbenah, utamanya dari sisi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), baik secara fisik, skill, karakter produktif dan disiplin.

“Ini yang harus dibenahi total, termasuk penguasaan iptek,” tukas Jokowi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).