HOLOPIS.COM, JAKARTA – Polusi udara termasuk salah satu penyebab timbulnya masalah kesehatan terkait pernapasan, kualitas udara di Indonesia terutama Jakarta sedang tidak baik-baik saja. Sehingga, masyarakat berpotensi lebih jauh lebih tinggi terserang gangguan pernapasan.

Itu sebabnya seluruh warga wajib mengetahui cara menjaga kesehatan pernapasan dari polusi udara. Dengan menyimak penjelasan berikut ini, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, pada Selasa (13/6).

1. Menggunakan Masker saat Bepergian

Penggunaan masker tidak hanya menawarkan perlindungan terhadap polusi udara, tapi juga cara tepat yang berguna untuk menyaring udara masuk ke tubuh saat buruknya kondisi udara saat ini. Adapun, masker juga efektif untuk melindungi tubuh dari pencemaran udara adalah masker industri. Namun, jika sulit alternatifnya adalah anda dapat menggunakan masker yang sekali pakai seperti N-95 atau P-100, yang memiliki fungsi sama yakni menyaring udara kotor hingga menangkal bakteri bahaya masuk ke dalam tubuh.

2. Gunakan Air Purifier

Untuk membersihkan udara yang kotor dalam ruangan anda dapat menggunakan air purifier. Pasalnya, paparan jangka panjang dari udara kotor dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti penyakit jantung, masalah pernapasan, penurunan kekebalan, bahkan kanker.

3. Membeli Tanaman Pemurni Udara

Anda dapat memurnikan udara, dengan membeli tanaman pemurni udara guna menyaring polusi yang masuk ke area rumah. Beberapa jenis tanaman tersebut yaitu, Hedera, Dracaena, Aloe Vera, Palem Kuning, dan Lili Paris.

4. Bijak Berolahraga

Ketika kualitas udara sedang buruk, sebaiknya lakukan olahraga di taman yang jauh dari kemacetan. Namun, bila tempat tersebut sulit dijangkau anda dapat berolahraga dari rumah saja. Adapun pilihan lainnya, anda juga dapat mendaftar di tempat gym yang berada dalam ruangan. Olahraga diketahui sangat penting, karena dapat meningkatkan kekebalan dan memperkuat sistem kardiovaskular dalam tubuh, itu sebabnya bila ingin agar manfaatnya dirasakan tubuh sebaiknya lakukan hal ini secara rutin.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Agar tubuh terhindar dari berbagai bahaya penyakit akibat polusi udara, anda juga disarankan untuk rutin mengkonsumsi makanan sehat. Adapun berbagai makanan yang direkomendasikan yaitu, buah, kacang-kacangan, serta lemak sehat. Selain itu, asupan vitamin juga disarankan guna sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

6. Memiliki Ventilasi yang Baik

Jika area rumah anda tidak memiliki ventilasi, kondisi ini rentan membuat rumah menjadi tempat penumpukan asap, bakteri bahaya, hingga jamur. Itu sebabnya, ventilasi diperlukan agar dapat meminimalisir berbagai hal yang dapat membahayakan kesehatan. Hal ini karena, alur angin yang baik dapat membuat udara menjadi lebih bersih dan lebih sehat.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan guna menjaga kesehatan pernapasan dari polusi udara. Dengan menerapkan semua hal yang telah dijabarkan, diharapkan dapat membantu meminimalisir risiko penyakit yang disebabkan oleh pencemaran udara.