BerandaNewsPolhukamPertambahan Masa Jabatan Pimpinan KPK Bakal Digugat ke MK

Pertambahan Masa Jabatan Pimpinan KPK Bakal Digugat ke MK

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman menyatakan bahwa dirinya sudah mantab untuk menggugat putusan majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan perpanjangan masa jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari 4 (empat) tahun menjadi 5 (lima) tahun.

“Karena pemerintah telah memutuskan itu, mau tidak mau, saya meneguhkan hati dan membulatkan tekad untuk maju ke Mahkamah Konstitusi,” kata Boyamin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (10/6).

Ia ingin agar putusan majelis hakim MK tersebut bisa diuji secara akademis dan yuridis, untuk memastikan apakah keputusan hukum tersebut benar atau tidak. Apalagi, putusan majelis hakim tersebut dimaknai sebagai putusan yang berlaku mengikat di periode saat ini, yang artinya berlaku di era kepemimpinan Firli Bahuri.

Dalam paparannya, Boyamin menilai jika nantinya uji materil yang akan diajukan itu ditolak oleh majelis hakim MK, maka memang sudah bisa dipastikan keputusan itu berlaku di periode Firli.

Penerbit Iklan Google Adsense

Namun jika diterima, maka keputusan majelis hakim terhadap perkara Nomor 112/PUU-XX/2022 berlaku periode selanjutnya, yakni tahun 2023.

“Kalau (gugatan) saya nanti dikabulkan, otomatis juga berlaku di periode yang akan datang,” terangnya.

Dengan demikian, tim panitia seleksi pimpinan KPK yang kabarnya telah dibahas untuk dibentuk bisa dilanjutkan untuk segera dibentuk dan melaksanakan tugasnya, melakukan seleksi terhadap para calon pimpinan KPK yang baru.

“Maka harus segera dibentuk pansel untuk pimpinan KPK yang menggantikan Pak Firli cs,” lanjutnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Ssttt, Dugaan Rasuah Anggota BPK Ahmadi Noor Supit dan DPR Komisi XI Diselidiki KPK

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang menyelidiki dugaan rasuah yang menyeret nama Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ahmadi Noor Supit dan...

Bobby Nasution Akui Cawe-Cawe Jokowi di Pilkada : Paling Besar Mendoakan

Wali Kota Medan Bobby Nasution ikut menanggapi tuduhan Sekjen PKS mengenai adanya cawe-cawe Presiden Jokowi di pelaksanaan Pilkada.

Puan Maharani Desak Presiden Jokowi Evaluasi Budi Arie Setiadi

Puan Maharani menanggapi pengunduran diri yang dilakukan anak buah Menkominfo Budi Arie Setiadi pasca serangan peretas PDN

Habib Syakur Sarankan Cindra Lanjut ke Polisi Usai Sukses Bikin Hasyim Asyari Dipecat

Menurut Habib Syakur, publik wajar ketika memandang kasus ini dalam kacamata beragam. Sebab, kasus ini cukup menarik dan memicu banyak spekulasi dari banyak kalangan.

Cindra Masih Pertimbangkan Laporkan Hasyim Asyari ke Polisi

Kuasa hukum Cindra Aditi Tejakinkin, Aristo Pangaribuan mengatakan bahwa kliennya masih mempertimbangkan untuk melanjutkan kasus tindakan asusila yang dilakukan Hasyim Asy'ari ke Kepolisian.

Jokowi Full Senyum Tanggapi Pencalonan Kaesang Pangarep

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mulai terlihat santai dalam menanggapi wacana pencalonan Kaesang Pangarep di Pilkada Serentak 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS