Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hindari 6 Makanan ini saat Menstruasi, Cewek Harus Tahu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menstruasi dapat membuat wanita menjadi tak nyaman menjalani harinya. Kondisi ini merupakan tamu bulanan, yang dapat membuat mood wanita gampang berubah, perut terasa nyeri atau kram, kembung nyeri pada payudara, bahkan migrain.

Hal ini terjadi karena, selama menstruasi dinding rahim berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Ternyata ada beberapa makanan yang perlu dihindari selama masa menstruasi, hal ini jarang disadari banyak wanita. Pasalnya makanan-makanan tersebut dapat membuat nyeri menstruasi menjadi lebih parah.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui apa saja jenis-jenis makanan yang harus dihindari selama masa menstruasi. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Rabu (7/6).

1. Makanan Manis

Ketika menstruasi, beberapa wanita cenderung ingin mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Namun, mengkonsumsi makanan manis seperti coklat dan es krim saat datang bulan justru akan membuat kadar gula darah menjadi tidak stabil, sehingga berpengaruh pada perubahan suasana hati atau mood swings. Bila anda memang sedang ingin mengkonsumsi makanan manis, pilihlah makanan manis yang sehat dan rendah lemak seperti, buah atau yogurt.

2. Makanan Berlemak Tinggi

Perlu diingat, ketika menstruasi sebaiknya hindari konsumsi makanan mengandung lemak jenuh dan makanan berlemak tinggi. Pasalnya, makanan jenis ini dipercaya dapat meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh sehingga saat menstruasi anda akan merasa nyeri pada payudara dan perut kembung. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsilah makanan yang rendah lemak seperti buah, sayur-sayuran, dan daging rendah lemak selama menstruasi.

3. Makanan Kaleng dan Olahan

Selain menghindari makanan berlemak tinggi, anda juga perlu menghindari makanan kaleng dan olahan ketika datang bulan. Hal ini karena, kedua jenis makanan tersebut diketahui mengandung kadar sodium yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan perut kembung saat menstruasi. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan alami yang bernutrisi seperti sayur, kacang-kacangan, dan ikan.

4. Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Jika anda ingin menghindari nyeri perut saat menstruasi, salah satu cara yang cukup efektif yaitu dengan tidak mengonsumsi makanan mengandung lemak jenuh tinggi, misalnya makanan cepat saji.

Pasalnya, Journal of Family Medicine and Primary Care menyatakan, dismenore jauh lebih sering terjadi pada anak perempuan yang secara konsisten mengonsumsi makanan cepat saji.

Makanan ini memiliki kandungan asam lemak jenuh tinggi yang dapat mempengaruhi metabolisme progesteron dalam siklus menstruasi.

5. Makanan dan Minuman Berkafein

Buku Prescription for Natural Cure, yang ditulis oleh James F. Balch dan Mark Stengles mengungkapkan bahwa konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti coklat, kopi, teh,serta minuman bersoda dapat menimbulkan gejala-gejala yang biasanya muncul saat menstruasi. Adapun, gejala yang muncul seperti perubahan mood dan nyeri payudara semakin bertambah parah.

Baca selanjutnya di halaman kedua.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru