Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Cara Jitu Atasi Batuk Kering, Catat !

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Batuk merupakan masalah kesehatan yang paling sering terjadi. Kondisi ini biasanya muncul sebagai gejala saat anda terserang flu ataupun masalah pada saluran pernapasan. Terdapat beberapa jenis batuk, namun yang paling sering terjadi adalah batuk kering dan batuk berdahak.

Batuk kering adalah jenis batuk yang tidak disertai dengan munculnya dahak maupun lendir. Penyebabnya sendiri cukup beragam mulai dari flu, alergi, kebiasaan buruk merokok, paparan debu dan polusi udara, hingga kondisi medis tertentu. Adapun, berbagai kondisi lainnya yang dapat menyebabkan batuk kering tetapi belum diketahui.

Simak penjelasan berikut ini, guna mengetahui cara mengatasi batuk kering secara alami yang dapat anda lakukan. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com, dari situs resmi Halodoc pada, Senin (5/6).

1. Madu

Madu dipercayakan banyak orang untuk meringankan batuk kering yang dialami. Bahkan madu disinyalir jauh lebih efektif meringankan masalah kesehatan ini, bila dibandingkan dengan obat lainnya. Penggunaanya sendiri cukup mudah dan dapat anda lakukan sendiri di rumah, tambahkan dua sendok madu ke dalam minuman hangat seperti teh, air lemon, atau air putih. Namun, perlu diingat untuk tidak memberi madu bagi bayi yang berusia di bawah satu tahun karena dapat memicu terjadinya botulisme.

2. Air Putih Hangat

Tak hanya madu, air putih hangat nyatanya juga dapat membantu meringankan batuk kering dan menjadi metode penanganan paling sederhana yang dapat anda lakukan. Tubuh memerlukan asupan cairan saat udara sedang begitu kering, untuk menjaga kelembapan pada tenggorokan. Itu sebabnya, pastikan untuk selalu cukupi kebutuhan cairan harian tubuh dengan konsumsi minimal konsumsi 8 sampai 12 gelas perhari. Perlu diingat, bila sedang mengalami batuk kering sebaiknya hindari konsumsi air dingin.

3. Air Garam

Cara alami lainnya untuk mengatasi batuk kering yaitu, berkumur dengan larutan garam. Metode yang satu ini, disinyalir mampu membantu meredakan rasa gatal pada tenggorokan yang menjadi penyebab batuk. Anda dapat mencampurkan ¼ atau ½ sendok teh garam dengan secangkir air hangat, namun cara ini sama-sekali tidak dianjurkan bagi anak yang masih berusia di bawah 6 tahun karena belum memiliki kemampuan berkumur dengan baik.

4. Jahe

Umumnya, radang tenggorokan dan naiknya asam lambung dapat menyebabkan batuk kering. Bila hal itu terjadi, anda dapat memilih jahe sebagai obat alami untuk mengatasinya, pasalnya jahe dianggap mampu mengurangi asam lambung berlebih sekaligus meringankan gejala flu seperti batuk. Meski demikian, belum ada pasti bukti klinis yang menyatakan manfaat ini sehingga tetap memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

5. Makanan yang Kaya akan Probiotik

Ketika sistem imunitas tubuh tidak berfungsi optimal, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya batuk kering. Itu sebabnya, agar hal ini tidak terjadi anda dapat mengubah menu makanan dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan probiotik. Hal ini karena, kandungan tersebut dapat membantu mengurangi infeksi saluran pernafasan pada anak.

Probiotik memang tidak menyembuhkan batuk kering secara langsung, namun mikroorganisme yang berada didalamnya inilah yang bertugas menjaga keseimbangan imunitas tubuh. Anda dapat menemukannya dalam beberapa makanan probiotik seperti keju, yogurt, dan tempe.

Itulah beberapa cara alami dan sederhana untuk mengatasi batu kering, namun bila telah melakukan segala cara dan batuk kering masih terus terjadi. Segera periksakan diri ke dokter, mengenai penanganan lanjutan yang perlu dilakukan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru