Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Luhut Janji Pengerukan Pasir untuk Ekspor Tak Rusak Lingkungan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan membela langkah Presiden Joko Widodo, terkait tentang kembali mengizinkan ekspor pasir laut.

Bagi Luhut, kegiatan pengerukan dan ekspor pasir laut tidak akan merusak lingkungan. Mengingat prosesnya menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) dan pengawasan yang ketat.

“Dalam pekerjaannya, kita pastikan tidak ada kerusakan lingkungan. Sekarang sudah ada GPS dan segala macam pengawasan,” kata Luhut kepada wartawan di Jakarta, Selasa (30/5) seperti dikutip Holopis.com.

Jadi, lanjut Luhut, Presiden Jokowi tidak akan mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut. Jadi proses penambangan dan ekspor pasir laut akan segera berjalan.

Saat ini, pemerintah sedang melakukan pendalaman alur laut untuk menjaga kelestarian laut Indonesia. Luhut menjelaskan bahwa jika tidak ada tindakan pendalaman alur, maka alur laut Indonesia akan semakin dangkal.

“Jadi untuk kesehatan laut juga. Sekarang proyek yang satu besar ini Rempang (Batam). Rempang itu yang mau direklamasi supaya bisa digunakan untuk industri besar, solar panel. Gede sekali solar panel itu,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Santri Habib Rizieq Disiram Air Panas Seniornya Sendiri, Kasus Ditangani Polres Bogor

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Juru bicara Habib Rizieq Shihab, Aziz...

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru