Waduh! Sarjana Nganggur di China Melonjak Tajam

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Seorang profesor sosiologi di Universitas Columbia New York, Yao Lu mengungkapkan tingkat pengangguran anak muda di China melonjak tajam hingga menembus rekor tertinggi.

Dia mengatakan, para anak muda lulusan perguruan tinggi atau sarjana harus mengambil pekerjaan bergaji rendah atau bekerja di bawah tingkat keahlian mereka.

Lu menjelaskan, bahwa hal tersebut terjadi karena penguatan perguruan tinggi yang ada di China pada akhir tahun 1990-an yang tidak dibarengi dengan lapangan kerja yang memadai.

“Ada ketidaksejajaran antara permintaan dan pasokan pekerja berketerampilan tinggi,” kata Lu dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (30/5).

Adapun dalam data yang ditunjukkan Lu, jumlah pekerja yang berusia antara 16-24 tahun di China tercatat mencapai 20,4 persen pada April 2023. Jumlah itu sekitar empat kali tingkat pengangguran.

Pengangguran merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi anak muda dan pembuat kebijakan di China. Dalam makalahnya, Lu dan para profesor lainnya memprakirakan setidaknya seperempat lulusan perguruan tinggi di China terancam menganggur.

“Semakin banyak lulusan perguruan tinggi mengambil posisi yang tidak sepadan dengan pelatihan dan kredensial mereka untuk menghindari pengangguran,” ucap Lu.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

VIRAL : Warga Timpuk Maling Pete Pake Pete

Viral di muka publik, sebuah video memperlihatkan dua pelaku maling yang kabarnya mencuri pete, kemudian tertangkap basah oleh warga sekitar. Warga yang kesal pun turut 'memberikan pelajaran' dengan salah satunya menggebuk pelaku menggunakan pete hasil curian si maling.

Profil Kepala Damkar Depok Disorot, Diduga Tak Pernah Lapor LHKPN

Profil Kepala Dinas Damkar Kota Depok, Jawa Barat, Adnan Mahyudin menjadi sorotan publik, usai anak buahnya yang diketahui bernama Sandi Butar Butar membuat video 'room tour' kantornya.

Aksi Kocak Pria di Karawang Pura-pura Kesurupan Demi Hindari Tilang Polisi

Tingkah lucu seorang pria di Karawang yang pura-pura kesurupan karena diduga tidak mau ditilang polisi, menyita perhatian publik.

VIRAL : Anggota DPRD Kabupaten Bima Pajak Mobilnya Mati Tolak Ditilang

Sebuah video anggota DPRD kabupaten Bima NTB (Nusa Tenggara Barat), yang hendak ditilang Polisi menjadi viral.

Anggota Dinas Kebakaran Kota Depok Dipanggil Usai Viralkan Bobroknya Fasilitas Damkar

Seorang anggota Dinas Kebakaran Kota Depok kabarnya akan dipanggil oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemadam Kebakaran Cimanggis untuk melakukan pembinaan sebagai Pegawai Kontrak Tidak Tetap (PKTT).
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.