Bakamla RI Terjunkan KN Belut Laut-406 Hadapi Singapura dan Amerika Serikat

HOLOPIS.COM, BATAM – Bakamla RI (Badan Keamanan Laut) menggelar latihan bersama, dengan Singapura dan Amerika Serikat (AS) di Perairan Utara Tanjung Berakit Provinsi Kepulauan Riau, Selasa 23 Mei 2023.

Dalam latihan bersama itu, ketiga negara menggunakan kapal masing – masing. Bakamla RI menurunkan KN Belut Laut-406, kemudian Singapura dengan kapal Republic of Singapore Navy dan Amerika Serikat dengan United States Coast Guard.

Menurut Kepala Zona Bakamla Barat, Laksma Bakamla Syufenri. Latihan ini digelar dalam rangka meningkatkan kemampuan personel Bakamla RI dalam mengawaki kapal.

“Latihan bersama atau yang biasa disebut ‘passing exercise‘ ini merupakan sarana peningkatan kemampuan personel Bakamla RI dengan instansi terkait dalam mengawasi kapal guna menunjang tugas keamanan laut khususnya di wilayah perairan Indonesia dan di wilayah yurisdiksi Indonesia,” katanya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Selasa (23/5).

Pelatihan yang dilakukan, meliputi Commcheck” (radio check), “photo exercise”, serta “flaghoist” atau latihan kibaran isyarat bendera.

“Gunanya adalah sebagai sarana untuk memperdalam pengetahuan komunikasi dengan isyarat bendera dan ‘semaphore’ bagi para awak kapal,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan latihan bersama tersebut, dia menyebutkan bahwa kegiatan latihan berjalan dengan lancar, serta kondisi material dan personil dalam keadaan sehat dan aman.

“Latihan bersama Bakamla RI dengan Republic of Singapore Navy dan US Coast Guard ini berjalan sukses dan tidak ada kendala,” ucapnya.

Apa reaksi kamu ?
+1
0
+1
0
+1
0
quick count

BERITA TERBARU

TERPOPULER