HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gigi ngilu kerap terjadi ketika anda menyantap es krim, teh hangat, atau bahkan saat sedang menyikat gigi. Umumnya, keluhan ini disebabkan oleh kondisi gigi yang sensitif yang terjadi ketika lapisan bawah gigi (dentin) terbuka. Sehingga, membuat akar gigi yang memiliki ribuan saraf kecil menjadi lebih mudah terpapar berbagai rangsangan.

Agar gigi terbebas dari rasa ngilu saat mengkonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman, seperti panas, dingin, manis, dan asam. Terdapat beberapa tips jitu yang dapat anda lakukan guna mencegah terjadinya gigi ngilu, dengan menyimak penjelasan berikut, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Selasa (16/5).

1. Sikat Gigi Secara Rutin

Agar terhindar dari gigi ngilu, cara pertama yang harus anda lakukan adalah menyikat gigi secara rutin. Sikat gigi sebanyak 2 kali sehari dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride, merupakan cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Hindari menggosok gigi terlalu keras, terutama di sekitar garis gusi guna mencegah luka pada gusi. Setelah menggosok gigi, jangan lupa untuk menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela gigi.

2. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, penyebab gigi ngilu dapat disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu. Oleh karena itu, batasi makanan maupun minuman asam seperti soda, yoghurt, tomat, dan jeruk, serta makanan atau minuman yang banyak mengandung gula. Pasalnya, konsumsi makanan asam atau manis dapat mengikis email gigi, sehingga membuat dentin gigi terbuka. Namun, bila anda tetap ingin minum soda maupun minuman asam lainnya, gunakan sedotan untuk mengurangi resiko terkena gigi, setelah itu segera minum air putih guna menormalkan kadar asam di mulut. Adapun, anda juga harus menghindari langsung menyikat gigi setelah konsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam atau gula. Tunggu sekitar 30 menit terlebih dahulu, hal ini karena asam, dapat membuat email gigi menjadi lebih lunak dan mudah terkikis ketika disikat.

3. Hindari Menggertakan Gigi

Beberapa orang germar atau bahkan sudah menjadi kebiasaan menggertakkan gigi (bruxism). Nyatanya, kebiasaan ini justru dapat membuat gigi menjadi rapuh dan sensitif. Bila anda salah satu orang yang memiliki kebiasaan ini, cobalah untuk menggunakan pelindung mulut, terutama saat tidur.

4. Periksakan Gigi secara Rutin ke Dokter Gigi

Selain tips-tips sebelumnya, anda juga perlu secara rutin memeriksakan kesehatan ke dokter gigi setiap 6 bulan atau sesuai jadwal yang disarankan dokter gigi.

Itulah beberapa tips jitu menghindari gigi ngilu, perawatan rutin dan menjaga kebersihan gigi merupakan kunci utama mencegah gigi ngilu karena gigi sensitif. Namun, bila nada masih merasa gigi ngilu meski telah melakukan beberapa tips di atas, segera konsultasikan kesehatan gigi anda ke dokter.