HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sariawan merupakan peradangan yang terjadi di bibir atau mulut. Umumnya, sariawan tampak seperti lepuhan kecil berwarna putih atau kuning dengan tepinya berwarna merah, penyebabnya sendiri yaitu mulai dari kekurangan vitamin atau mineral, luka akibat cedera, infeksi, gangguan sistem imun, atau efek samping obat-obatan tertentu seperti epilepsi dan kortikosteroid.

Normalnya sariawan dapat sembuh sendiri, namun akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman saat makan, berbicara, ataupun mengunyah. Oleh karena itu, beberapa orang menginginkan agar sariawan yang dialami sesegera mungkin sembuh.

Untuk meredakannya, simak penjelasan berikut agar mengetahui bahan alami tertentu yang dapat anda gunakan. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com, dari situs resmi Alodokter, Selasa (16/5).

1. Minyak Kelapa

Kaya akan kandungan asam laurat yang bersifat antimikroba dan antiradang, minyak kelapa diyakini baik dan efektif digunakan sebagai obat sariawan di bibir. Kandungan tersebut dapat meredakan gejala sariawan dan mempercepat penyembuhannya, untuk menggunakan bahan alami ini, cukup oleskan di bagian bibir yang luka, gunakan sesuai dengan kebutuhan hingga kondisi sariawan mereda.

2. Daun Sage

Bahan alami yang satu ini, memang telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional berbagai masalah mulut. Hal ini karena, daun sage diketahui memiliki manfaat antibakteri, antiradang, dan antiseptik untuk menghilangkan berbagai gejala sariawan.

Obat kumur daun sage dapat anda temukan di apotik, ataupun membuatnya sendiri air rebusannya. Caranya, rebus daun sage selama 5 menit, lalu saring dan diamkan terlebih dahulu hingga dingin, kemudian gunakan sebagai obat kumur.

3. Madu

Kandungannya yang bersifat antibakteri dan antiradang, menjadikan madu salah satu pilihan obat alami untuk mengatasi sariawan di bibir. Selain itu, madu juga diketahui dapat mengurangi berbagai gejala yang timbul akibat sariawan seperti, nyeri dan kemerahan.

Disarankan agar memilih madu murni atau tidak ditambahkan dengan bahan-bahan lainnya, seperti gula dan perisa makanan.

Untuk menggunakan madu sebagai obat alami, cukup oleskan madu ke bagian sariawan di bibir sebanyak 4 kali sehari, lakukan hingga gejalanya membaik.

4. Bubuk Tawas

Tak hanya dapat digunakan sebagai perawatan kulit, deodoran dan penjernih air, tawas juga dapat digunakan menjadi obat pilihan untuk mengatasi sariawan di bibir. Pasalnya, bubuk tawas terbuat dari kalium aluminium sulfat yang dipercaya sebagai obat sariawan di bibir.