Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Umumkan Capres-Cawapres Hasil Musra Usai Koalisi Partai Rampung

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi menyampaikan bahwa dirinya sudah mendapatkan nama-nama Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden untuk Pilpres 2024 dari panitia Musra (Musyawarah Rakyat Indonesia).

Hanya saja, ia belum bersedia mengumumkan siapa saja nama-nama calon pemimpin masa depan yang dijaring dari suara masyarakat kecil itu.

Alasannya, ia ingin agar beberapa partai yang tengah mengupayakan kematangan koalisi agar merampungkan mekanisme mereka secara internal. Lalu setelahnya, ia akan membuka siapa saja nama-nama yang sudah diserahkan kepadanya.

“Jadi saya terus terang ini harus kita berikan waktu kepada partai atau gabungan partai untuk menyelesaikan urusan capres dan cawapresnya seperti apa,” kata Joko Widodo dalam penutupan puncak Musra Indonesia di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (14/5) seperti dikutip Holopis.com.

Lantas mengapa ia harus menunggu koalisi partai, karena sejatinya hanya partai politik atau gabungan partai politik yang boleh mencalonkan nama Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden untuk pemilu 2024.

“Karena menurut konstitusi itu yang bisa mencalonkan itu adalah partai atau gabungan partai,” ujarnya.

Ia pun juga akan coba melakukan manuver untuk mendorong agar nama-nama Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden hasil Musra Indonesia agar bisa menjadi pertimbangan lanjutan.

“Sehingga itu bagian saya untuk memberikan bisikan kuat kepada partai-partai yang sekarang ini juga koalisinya belum selesai,” tandasnya.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa saat ini ada 3 koalisi yang sudah terbentuk, dimana ketiganya memiliki keterkaitan dengan Joko Widodo. Mereka antara lain; Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang diisi oleh Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kemudian ada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang sementara masih diisi oleh 3 (tiga) partai politik, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Dan terakhir adalah koalisi tanpa nama yakni PDI Perjuangan dan PPP yang menyatakan bersama-sama mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden 2024.

Sayangnya hingga kini, belum ada koalisi yang benar-benar final dan solid untuk mengusung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Untuk KIR, nama Calon Presiden sudah ada yakni Prabowo Subianto. Untuk PDIP dan PPP sudah menyatakan Ganjar Pranowo calon Presiden. Sementara KIB masih bimbang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PSI Ledek PDIP : Frustasi Kalah Pilpres, Tantrum di PTUN Jakarta

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cheryl Tanzil mengingatkan agar PDIP menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan hasil sengketa PHPU.

Timnas AMIN Dibubarkan, Cak Imin : Terima Kasih

Cak Imin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras seluruh Tim Nasional Anies - Imin (Timnas AMIN) yang telah berjuang dalam pemenangan di Pilpres 2024.

PKS Siap Jika Diajak Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

PKS akan melakukan upaya silaturrahmi dengan semua pihak, termasuk dengan Koalisi Indonesia Maju pasca Pilpres 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru