HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sobat Holopis pasti pernah mendengar nasihat, jangatn telah biji saat makan buah, nanti bisa usus buntu loh! Sangking seringnya didengar, sudah menjadi ‘pengetahuan’ umum bahwa menelan biji saat makan buah bisa menyebabkan usus buntu.

Tapi sebenarnya benar tidak sih biji buah bisa menyebabkan penyakit usus buntu?

Ternyata, sebuah studi di US National Library of Medicine National Institutes of Health, dikutip Holopis.com, menemukan bahwa 1.969 kasus pasien usus buntu dari tahun 2002 dan 2009, 8 kasus di antaranya ada biji buah yang tidak tercerna.

Dari penelitian itu ditemukan pula bahwa biji buah yang tertelan biasanya akan dikeluarkan tubuh secara alami, tetapi ada saja di antaranya yang bisa menjadi penyebab usus buntu.

Namun jangan ambil kesimpulan dulu, biji buah sebenarnya bukan penyebab langsung penyakit usus buntu.

Biji buah yang tidak hancur ketika tertelan, bisa menyebabkan penyumbatan usus buntu. Setelah cukup lama, maka kondisi ini lah yang bisa memicu usus buntu.

Tetapi jangan khawatir, berdasarkan studi itu pula ditemukan bahwa biji buah memiliki risiko yang sangat kecil menyebabkan usus buntu.

Sehingga jika tak sengaja menelan biji buah, jangan langsung panik, ya. Bagi Sobat Holopis yang memiliki masalah usus buntu, silahkan langsung berobat ke dokter.