BerandaNewsKesehatanJangan Malas! Ini Manfaat Berjalan Bagi Kesehatan Tubuh

Jangan Malas! Ini Manfaat Berjalan Bagi Kesehatan Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berjalan kaki mungkin bukanlah salah satu hal yang disukai orang banyak, pasalnya hal ini dianggap membuang-buang tenaga dan menjadi lama mencapai tujuan yang diinginkan.

Nyatanya selain rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, melakukan aktivitas fisik seperti berjalan juga penting untuk dilakukan dalam rangka menjaga kesehatan tubuh.

Sebab dengan berjalan, tubuh akan mengeluarkan kalori sebanyak 5.60 Kcal/menit dan 168 Kcal/30 menit. Lebih daripada itu, ada beberapa manfaat berjalan kaki yang patut anda ketahui, dengan menyimak penjelasan berikut. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com, dari situs resmi Halodoc, Rabu (10/5).

1. Memperkuat Fisik Tubuh

Penerbit Iklan Google Adsense

Dengan berjalan kaki setiap harinya dapat memperkuat fisik tubuh. Hal ini, akan membantu meningkatkan kekuatan otot paha, betis, hingga seluruh bagian kaki.

Anda dapat melakukannya dengan berjalan di area yang menanjak dan menurun, selain itu bila anda memiliki tangga, anda dapat melakukannya di sana. Hal ini bertujuan untuk, meningkatkan kekuatan bagian kaki semakin optimal.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Rutin berjalan kaki dapat menurunkan resiko penyakit seperti, flu atau demam ringan. Pasalnya, dengan berjalan kaki dapat membantu meningkatkan imun tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terpapar virus ataupun bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

3. Meningkatkan Energi

Selanjutnya, dengan berjalan kaki anda dapat meningkatkan energi. Hal ini karena, jalan kaki diyakini mampu meningkatkan energi lebih optimal dibanding konsumsi minuman yang mengandung kafein.

Selain itu, ketika berjalan kaki dapat membantu tingkatkan hormon dan mengoptimalkan energi, seperti kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Tak hanya itu, dengan berjalan kaki akan membantu tingkatkan peredaran oksigen dalam tubuh.

4. Membantu Membakar Kalori

Dengan berjalan kaki secara rutin, akan membantu anda membakar kalori dalam tubuh. Sehingga, dapat mengontrol berat badan lebih mudah, namun yang perlu ingat yaitu perhatikan jarak anda berjalan kaki cukup untuk membakar kalori dalam tubuh.

Kemudian, perhatikan kecepatan agar jangan terlalu lambat ataupun sebaliknya, terlalu cepat. Adapun, anda juga harus memilih lokasi yang tepat seperti lokasi yang menanjak dan menurun.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat berjalan kaki yang terakhir yaitu, membantu meningkatkan suasana hati. Bukan hanya kesehatan fisik, berjalan kaki juga memberikan dampak positif bagi kesehatan mental.

Dalam The Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry menyatakan bahwa, dengan berjalan kaki mampu menurunkan rasa cemas, depresi, bahkan suasana hati yang buruk.

Itulah beberapa manfaat berjalan yang patut anda ketahui, guna menunjang kesehatan. Setelah mengetahui manfaat tersebut, diharapkan anda semakin giat melakukan aktivitas fisik ringan setiap harinya dengan cara berjalan ataupun lainnya, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Manfaat berjalan, dapat anda rasakan ketika anda rutin melakukannya. Usahakan untuk selalu meluangkan waktu, untuk melakukan aktivitas fisik ringan setidaknya 30 menit. Jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat, bila mengalami gejala penyakit akibat kurangnya aktivitas fisik.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia. Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya,...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS