Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Catat! Ini 5 Cara Usir Kantuk Setelah Makan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Apakah anda salah satu orang yang sering ngantuk setelah makan siang? Hal ini sering terjadi dan pasti dirasakan hampir setiap orang. Namun, yang sering menjadi masalah adalah ketika rasa kantuk datang di saat jam kerja berlangsung, sekitar pukul 2 siang sampai 4 sore.

Perlu diketahui, rasa kantuk yang muncul setelah makan siang merupakan respon tubuh terhadap perubahan biokimia yang terjadi setelah makan, seperti perubahan hormon, kurang tidur, dan penyakit tertentu. Sebagian orang akan memilih untuk mengkonsumsi kopi agar rasa kantuknya hilang. Tidak hanya dengan konsumsi kafein, anda juga dapat mengatasi rasa kantuk setelah makan siang dengan beberapa cara sehat.

Simak penjelasan berikut ini, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc pada, Selasa (2/5).

1. Membasuh Wajah dengan Air
Ketika kantuk datang setelah selesai makan siang dan kerjaan masih menumpuk, cobalah untuk membasuh wajah anda dengan air dingin. Tak hanya mudah dilakukan, cara ini juga ampuh dan efektif atasi kantuk dan membuat anda kembali segar. Sehingga, siap kembali bekerja tanpa rasa kantuk.

2. Bergerak Setelah Makan
Bila tidak ingin ngantuk setelah makan siang, jangan langsung duduk. Lakukanlah kegiatan yang membuat anda tetap aktif bergerak setelah makan siang, misalnya berjalan kaki selama 15 menit, atau naik-turun tangga dibanding naik lift. Hal ini akan membuat darah anda menjadi lebih lancar, sehingga oksigen dan nutrisi dapat dialirkan dengan baik ke seluruh tubuh dan membantu anda jadi lebih berenergi.

3. Minum Air Putih
Konsumsi air putih yang cukup setiap harinya, memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, tahukah anda bahwa ternyata minum air putih juga bisa menjadi cara mengurangi rasa kantuk sehabis makan. Hal ini karena, saat mengantuk biasanya tubuh sedang kekurangan oksigen. Oleh karena itu, ketika banyak minum air putih saat mengantuk dapat meningkatkan kembali oksigen dalam tubuh.

4. Duduk Tegak
Jika anda mengantuk, cobalah untuk mengubah posisi duduk anda menjadi tegak. Pasalnya, bila duduk dengan posisi membungkuk atau nyender justru akan membuatmu semakin mengantuk. Duduk dengan tegak, membuat tubuh selalu dalam posisi siap dan awas, sehingga membantu menghilangkan rasa kantuk anda sesudah makan.

5. Menempelkan Es Batu di Dahi
Walau tips yang satu ini terkesan cukup merepotkan, namun dengan menempelkan es batu pada dahi terbukti ampuh hilangkan rasa ngantuk berat setelah makan siang. Es batu yang dingin dapat membantu merilekskan otak serta menyegarkan pikiran, perlu diingat tidak harus es batu, anda juga dapat menempelkan minuman kaleng dingin ke dahi guna menghilangkan kantuk.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan, bila rasa kantuk tak tertahankan muncul setelah makan siang di saat jam kerja. Lakukan seperti yang telah dijabarkan, agar rasa kantuk anda benar-benar hilang dan kembali segar jalani aktivitas.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru