Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ratusan Kapal Nelayan Meriahkan Prosesi Larung Kepala Kerbau di Jepara

HOLOPIS.COM, JEPARA – Setidaknya ratusan perahu nelayan ikut berpartisipasi dalam prosesi larung kepala kerbau di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada hari ini, Sabtu (29/4).

Tradisi turun temurun yang merupakan bagian dari Pesta Lomban 2023 itu berlangsung sejak sekitar pukul 07.30 WIB, dengan titik keberangkatan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

Berdasarkan pantauan Holopis.com, prosesi pelarungan kepala kerbau itu juga disaksikan oleh ratusan masyarakat setempat, mengingat di tahun sebelumnya, hanya berlangsung secara sederhana karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Sebagai informasi Sobat Holopis, prosesi larung kepala kerbau merupakan tradisi turun temurun di Jepara, khususnya di wilayah pesisir yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai seorang nelayan.

Adapun prosesi larung kepala kerbau ini dilakukan setiap tahunnya pada akhir pekan pertama bulan Syawal, sebagai wujud syukur para nelayan atas hasil laut yang melimpah

Adapun pelarungan kepala Kerbau di Perairan Jepara dipimpin oleh Penjabat Bupati Jepara, Edy Supriyanta beserta sejumlah unsur muspida.

Dalam pelarungan tersebut, para nelayan nekat menceburkan diri ke laut untuk memperebutkan sesaji yang berisi kepala kerbau, ingkung (ayam utuh), jajanan pasar, serta ketupat dan lepat.

Meski begitu, prosesi larung kepala kerbau tersebut berlangsung aman dan tertib. Pesta Lomban 2023 pun akan dilanjutkan dengan hiburan rakyat di Pantai Kartini, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prakiraan Cuaca Jateng Hari Ini, Ada Potensi Hujan?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini mengenai prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Selasa 17 September 2024.

BMKG Prediksi Ada Potensi Hujan di Jateng Malam Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini mengenai prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Sabtu 14 September 2024.

Cuaca Jateng Kamis 12 September Diprediksi Turun Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini mengenai prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Kamis 12 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru