Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jaga Kadar Kolesterol Jika Otakmu Tak Mau Terganggu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kolesterol merupakan senyawa lemak yang terdapat dalam tubuh manusia dan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, apabila kadar kolesterol terlalu tinggi, justru menjadi boomerang bagi kesehatan tubuh, termasuk pada otak.

Hal itu tentu harus menjadi perhatian bagi Sobat Holopis. Pasalnya, kesehatan otak merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan fungsi otak yang optimal dan mencegah terjadinya penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Dikutip Holopis.com dari laman alodokter, kolesterol merupakan salah satu senyawa penting dalam tubuh yang berperan dalam pembentukan membran sel, pembentukan hormon, dan fungsi tubuh lainnya.

Namun, kadar kolesterol yang tinggi justru mengakibatkan terbentuknya plak di pembuluh darah yang menghambat aliran darah ke otak. Hal ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti stroke, demensia, dan masalah kognitif lainnya.

Dampak Kolesterol Tinggi pada Otak

Kolesterol tinggi dapat berdampak negatif pada kesehatan otak. Beberapa dampaknya adalah :

1. Meningkatkan risiko stroke : Plak yang terbentuk akibat kolesterol tinggi dapat menghambat aliran darah ke otak dan menyebabkan stroke.

2. Menurunkan fungsi kognitif : Kolesterol yang tinggi dapat memengaruhi fungsi kognitif, seperti daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan belajar.

3. Meningkatkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson : Penelitian menunjukkan bahwa kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Penanganan Kolesterol Tinggi

Ada beberapa cara untuk menangani kolesterol tinggi dan meminimalkan dampaknya pada kesehatan otak, yaitu:

1. Mengubah pola makan : Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Olahraga : Olahraga teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan otak.

3. Mengonsumsi obat-obatan : Obat-obatan seperti statin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru