Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Chappy Hakim Sebut Mahfud MD Punya Modal Penting, Leadership dan Moral Credibility

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI (Purn.) Chappy Hakim menilai bahwa sosok seperti Mahfud MD memiliki modal besar untuk menjadi pemimpin nasional di Indonesia.

Modal tersebut kata purnawirawan TNI AU itu adalah leadership atau kepemimpinan dan moralitas yang kredibel.

“Saya melihat ada oase di padang pasir. Jadi ada satu pameran leadership dan moral,” kata Marsekal Chappy dalam sebuah podcast yang dikutip Holopis.com, Rabu (19/4).

Leadership yang ditunjukkan Mahfud MD menurutnya adalah ditunjukkan di dalam sebuah Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi III DPR RI dengan Komite Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (PP TPPU).

“Beliau sebagai seorang pejabat di tengah dinamika rapat dengar pendapat formal di forum yang resmi kenegaraan, beliau memperlihatkan adegan-adegan menegur,” ujarnya.

Teguran itu menurut Chappy penting sebagai pengingat kepada DPR RI agar bisa saling menghormati antar sesama mitra kerja ketika sedang melakukan rapat bersama dalam forum yang terhormat.

Ditambah lagi kata dia, sikap tegas Mahfud MD soal transaksi mencurigakan senilai Rp349 triliun itu bisa dijadikan barometer seperti apa kualitas dan kredibilitas sosok Menteri Pertahanan di era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Alm Gus Dur) itu.

“Moral, di tengah begitu banyak penyelewengan-penyelewengan uang (negara), koruptor dan sebagainya. Di situ pak Mahfud memperlihatkan sikap bahwa ada sesuatu yang salah yang harus diselidiki agar itu bisa clear,” ucapnya.

Bahkan Marsekal TNI purn. Chappy menegaskan bahwa apa yang sedang diperjuangkan Mahfud MD bukan persoalan mudah.

“Itu bukan bidang yang sederhana, karena itu bidang keuangan yang sangat luas implikasinya terhadap kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Beliau memperlihatkan bahwa temuan itu harus dibuat clear,” tambahnya.

Ditambahkan Chappy, seorang pemimpin yang didambakan oleh bangsa Indonesia saat ini adalah bagaimana seseorang tersebut memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat baik dan moral yang tepat.

“Ada dua prinsip yang sudah kita rindukan bersama, bagaimana seorang pemimpin mempunyai leadership dan memperlihatkan personal moral credibility,” tambahnya.

Mahfud MD harapan rakyat

Lebih lanjut, KSAU era Presiden Megawati Soekarnoputri tersebut memandang bahwa sosok Mahfud MD adalah contoh karakter pemimpin yang diinginkan oleh bangsa Indonesia selama ini.

“Kita merindukan pemimpin yang seperti itu, yang memiliki leadership dan memiliki personal moral character, dan itu langka, terus terang,” tandasnya.

Secara pribadi, ia merasa kagum bahwa masih ada sosok tokoh bangsa dan pejabat negara di era saat ini yang memiliki karakter sebaik itu.

“Penampilan pak Mahfud di tengah-tengah dinamika perkembangan zaman, kok masih ada ya orang berani mau mendidik rekan-rekan di DPR agar memiliki etika, sopan santun, tata krama,” terangnya.

Oleh sebab itu, ia merasa tak berlebihan jika memandang bahwa karakter kepemimpinan dan moralitas seperti Mahfud MD pantas untuk menjadi sosok pemimpin bangsa Indonesia ke depan.

“Dengan sosok seperti itulah, kita bisa berharap bahwa negara ini menuju ke cita-citanya dengan benar,” tegasnya.

“Bagaimana mungkin kita memiliki pemimpin-pemimpin yang korup yang tidak peduli pada penyelewengan,” pungkas Marsekal purn Chappy.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...

Susi Pudjiastuti Bersyukur Pilot Philip Mehrtens Bebas dari Jerat Teroris Papua

Susi Pudjiastuti merespon kabar bebasnya Kapten Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dari jeratan teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua.

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru