BerandaNewsPolhukamAshabul Kahfi Harap Hasil Sidang Isbat Tak Dibawa ke Ranah Politik

Ashabul Kahfi Harap Hasil Sidang Isbat Tak Dibawa ke Ranah Politik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi berharap hasil sidang isbat yang menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu (22/4) lusa tak dibawa ke ranah politik.

Hal itu disampaikan Kahfi dalam konferensi pers bersama Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta Pusat, Kamis (20/4).

“Sidang Isbat ini adalah bagian dari penghormatan pemerintah kepada umat Islam di Indonesia. Olehnya itu, keputusan sidang isbat ini tidak boleh dibawa ke mana-mana, termasuk ke ranah politik,” harap Ashabul Kahfi sebagaimana dikutip Holopis.com.

Kahfi melihat, hasil sidang Isbat yang membawa perbedaan dengan penetapan Idul Fitri 2023 oleh Muhammadiyah ini justru dapat dijadikan sarana untuk memperkokoh ukhuwah Islamiyah.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dia lantas meminta semua pihak untuk dapat menghormati keputusan dalam penentuan 1 Syawal.

“Bagi yang lebih awal melaksanakan shalat Id dari keputusan pemerintah diharapkan menghormati umat Islam yang masih menyempurnakan puasanya di hari terakhir,” ujarnya.

Lebih lanjut, politisi PAN itu menyebut, perbedaan seperti ini sudah sering terjadi tanpa perlu diperdebatkan apalagi mengarah kepada debat kusir yang tak perlu.

Masing-masing pihak, lanjutnya, pasti memiliki dalil untuk membenarkan pandangannya. Pandangan yang berbeda ini seharusnya memiliki kedudukan yang sama-sama benar sesuai mahzab yang dipakai.

“Kami juga sudah mengimbau kepada pemerintah pusat dan daerah untuk memberi ruang dan memfasilitasi umat islam yang akan melaksanakan Shalat Id yang lebih awal dari ketetapan pemerintah,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Afifuddin Ogah Mundur Meski Dikritik Mahfud MD

Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin menanggapi kritik yang dilontarkan Mahfud MD usai pemberhentian Hasyim Asy'ari sebagai ketua oleh DKPP RI.

Jokowi Tak Kunjung Tanda Tangani Pemberhentian Hasyim Asyari

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku belum menandatangani Keppres pemberhentian Hasyim Ashari dari posisi Ketua KPU RI.

Pegi Setiawan Bebas, Mabes Polri Bakal Evaluasi Penyidik

Mabes Polri menegaskan akan melakukan evaluasi menyeluruh pasca putusan praperadilan yang membebaskan Pegi Setiawan.

Jokowi Bela KPU dari Kritik Mahfud MD

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi kritik dari Mafud MD yang mendesak komisioner KPU mundur pasca kasus seksual Hasyim Ashari.

KPK Tak Sudi Gubris Megawati

KPK ogah menanggapi tantangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal penanganan kasus Harun Masiku.

Raffi Ahmad Bilang Nggak Dibayar Kampanyekan Marshel dan Jeje

Aktris Raffi Ahmad menepis kabar bahwa dirinya telah mendapatkan bayaran untuk mendukung calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS