Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Heboh Pemalsuan QRIS Amal di Masjid, Begini kata BI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono angkat bicara terkait pemalsuan QRIS amal di Jakarta yang berhasil terungkap beberapa waktu belakangan.

“Pertama, tentu kami sangat menyayangkan kejadian tersebut,” kata Erwin dalam keterangan persnya yang dikutip Holopis.com, Rabu (12/4).

Dia pun menegaskan, bahwa pemalsuan QRIS tersebut merupakan tindakan kriminal, namun tidak dengan sistem pembayaran QRIS itu sendiri.

Erwin memastikan, QRIS tetap menjadi platform pembayaran yang aman bagi masyarakat.

“Kejadian di beberapa masjid di Jakarta itu adalah sebuah tindakan yang diduga adalah tindak kriminal, tetapi QRIS-nya itu sendiri adalah platform pembayaran yang tetap aman,” tuturnya.

Meski begitu Erwin berjanji, bahwa pihaknya di Bank Indonesia tetap akan melakukan sejumlah perbaikan, termasuk melakukan edukasi kepada masyarakat sebagai pengguna QRIS.

“Kami juga memohon kerja sama dari semua pihak untuk dari waktu ke waktu juga mengecek, karena ada kemungkinan-kemungkinan modus operandi semacam ini terus terjadi,” tukasnya.

Diberitakan Holopis.com sebelumnya, Polisi telah berhasil menangkap pria yang menempelkan QRIS ‘palsu’ pada kotak amal di Masjid di sekitaran DKI Jakarta.

Pelaku yang diketahui berinisial MIML (49) yang diduga pernah berprofesi sebagai pegawai Bank Swasta di Indonesia.

Hingga penangkapan terjadi, pelaku sudah menjalankan aksinya di 38 titik lokasi. MIML menempelkan QRIS palsu tersebut di masjid-masjid hingga di mal.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru