HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tubuh pada dasarnya membutuhkan tidur yang cukup guna mengembalikan sistem-sistem dalam tubuh yang telah bekerja seharian. Tidur, memberikan kesempatan pada sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon imunitas serta mengistirahatkan otot tubuh, sehingga saat tidur cukup, maka regulasi tersebut tidak terganggu.

Umumnya, waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa yaitu 7 sampai 8 jam per hari. Maka kurang tidur, akan sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

So, yuk Sobat Holopis simak penjelasan berikut ini untuk mengetahuinya :

1. Mudah Sakit
Kurang istirahat dapat menyebabkan daya tahan tubuh seseorang melemah, sehingga mudah terserang berbagai penyakit akibat terinfeksi virus maupun bakteri. Pasalnya, dengan tidur yang cukup dapat membantu perkuat sistem kekebalan tubuh. Umumnya, penyakit yang mudah menyerang ketika tubuh kurang beristirahat yaitu influenza.

2. Mengantuk Sepanjang Hari
Ketika tubuh kurang beristirahat atau kurang tidur, maka seseorang akan merasa letih dan mengantuk sepanjang hari. Konsumsi minuman berkafein seperti kopi, hanya bersifat sementara dalam menahan rasa kantuk atau terjaga pada seseorang, jadi pastikan untuk selalu beristirahat dengan waktu yang cukup agar tubuh terhindar dari rasa kantuk sepanjang hari.

3. Kehilangan Memori Jangka Pendek
Otak memerlukan tidur yang cukup, guna menyegarkan dan beregenerasi. Bila masih kurang tidur setiap harinya, hal ini akan berdampak buruk bagi salah satu organ penting ini, yaitu terganggunya memori jangka pendek pada seseorang.

4. Kehilangan Fokus
Seseorang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, dapat mengalami Attention Deficit Disorder atau gangguan perhatian. Sehingga, terjadinya respons motorik yang lambat dan tidak akurat, refleks berkurang, serta tidak dapat fokus pada suatu aktivitas yang dilakukan.

5. Rasa Lapar Terus-Menerus atau Tidak Lapar Sama-Sekali
Kurang tidur menyebabkan jam internal tubuh yang tidak normal, sehingga membuat seseorang merasa lapar secara berlebihan dengan porsi lebih banyak atau tidak merasa lapar sama-sekali. Hal inilah, yang menyebabkan seseorang mengalami peningkatan berat badan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba.

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan istirahat atau tidur harian anda, guna menghindari semua penyakit atau dampak buruk yang telah kami jabarkan sebelumnya. Dengan tidur, 7 sampai 8 jam perhari, seperti yang dianjurkan bagi orang dewasa dsn memenuhi kebutuhan waktu istirahat tubuh anda.