1. Kelelahan Terus-Menerus

Ketika beraktivitas sepanjang hari, merasa lelah merupakan hal yang normal. Namun, bila merasa lelah yang tak kunjung mereda bahkan setelah beristirahat, maka kondisi ini dapat menjadi pertanda imun tubuh menurun. Tingkat energi yang rendah secara konstan, menandakan sistem kekebalan tubuh yang tidak bekerja dengan baik.

  1. Lambatnya Proses Penyembuhan Luka

Jika imun tubuh bekerja dengan baik, maka diperlukan waktu sekitar 2 sampai 3 hari untuk penyembuhan ringan. Namun, jika proses penyembuhan membutuhkan waktu yang lebih lama dan kulit tak kunjung beregenerasi, hal ini dapat menjadi salah satu ciri melemahnya imun.

  1. Sering Sakit Perut dan Diare

Sembelit, diare, atau perut kembung sebenarnya merupakan kondisi umum yang sering dialami. Namun jika terlalu sering terjadi, hal tersebut perlu diwaspadai. Pasalnya, melemahnya sistem imun menyebabkan usus tidak memiliki jumlah mikroba sehat yang cukup, sehingga tubuh rentan mengalami gangguan pencernaan.

  1. Nyeri Sendi dan Otot

Sistem kekebalan tubuh menghasilkan senyawa inflamasi dan sel darah putih guna melawan infeksi. Namun, jika sistem kekebalan tubuh melemah, jumlah sel darah putih tidak cukup untuk melawan infeksi, sehingga senyawa inflamasi tersebut justru menyebabkan nyeri sendi dan otot.

  1. Sering Terkena Infeksi

Jika tubuh sering terkena penyakit infeksi, maka bisa jadi sistem kekebalan tubuh sedang melemah. Pasalnya, jika tubuh dalam kondisi prima, infeksi tersebut tidak akan terjadi lebih dari sekali selama setahun. Gejala daya tahan tubuh menurun juga bisa terlihat dari seberapa sering tubuh terkena infeksi, seperti tifus, malaria, pneumonia, infeksi saluran kemih, dan sebagainya.

  1. Masalah pada Kulit

Lipid pada jaringan kulit berguna untuk mencegah organisme atau kuman yang tidak diinginkan masuk ke dalam tubuh melalui kulit. Sehingga, munculnya berbagai masalah kulit seperti kulit kering, bisul, eksim bisa menjadi ciri-ciri imun lemah karena kulit tidak mampu mencegah masuknya bakteri/zat asing.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh : 

Dengan menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup dengan tidur 7 sampai 9 jam dalam sehari, rutin berolahraga, kelola stres dengan tepat, membatasi asupan gula, mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi dua liter sehari, berjemur di pagi hari, serta konsumsi suplemen tambahan sesuai anjuran dokter. Hal-hal tersebut, merupakan pola hidup sehat yang dapat dilakukan sebagai cara paling efektif dalam meningkatkan imun tubuh.

Segera konsultasikan ke dokter, apabila terdapat keluhan kesehatan seperti ciri-ciri imun lemah yang telah kami jabarkan sebelumnya. Terapkan pola hidup sehat, guna menjaga sistem imunitas dalam tubuh.