HOLOPIS.COM, JAKARTA – Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono atau yang akrab disapa Juru Wabah memberikan saran kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam hal pengendalian Pandemi.

Disebutnya, terdapat 2 (dua) strategi yang dapat diterapkan Kemenkes dalam mengendalikan pandemi, seperti pandemi Covid-19. Pertama, yakni mengenali jenis virus yang berpotensi besar mengalami mutasi. Hal itu bisa dilakukan melalui surveilans genom.

Dua strategi dapat kendalikan pandemi. Pertama, perlu tahu ‘musuh kita’, jenis virus yang terus bermutasi dengan surveilans genom,” kata Juru Wabah dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (26/2).

Kemudian kedua yakni, mengetahui tingkat imunitas penduduk melalui serosurvei yang dilakukan secara berkala.

“Nyaris semua penduduk punya imunitas, titer antibodi yang tinggi pada penduduk yang sudah (vaksinasi) booster,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia saat ini telah memasuki masa transisi dari pandemi menjadi endemi Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bahwa dirinya akan bertemu dengan Organisasi Kesehatan Internasional (WHO).

Adapun pertemuan bermaksud membicarakan tentang peralihan status menjadi endemi itu akan berlangsung pada bulan Mei mendatang.

“Saya ingin ketemu Kepala WHO sendiri. Nanti rencananya di bulan Mei untuk bicara kalau kami melakukan (alihkan status), apakah itu tepat, proper atau cara yang timing pas seperti apa,” kata Menkes Budi.