HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD mengklaim bahwa kondisi di Papua saat ini jauh lebih tenang dari aksi demonstrasi semenjak Lukas Enembe masuk bui.

Mantan hakim konstitusi itu bahkan menyatakan, aksi demonstrasi tersebut juga sangat berkurang ketika rekening Pemprov Papua dibekukan sementara waktu.

“Ketika mau ditangkap dulu itu selalu demo, begitu ditangkap betul selesai sekarang. Tidak ada lagi demonya dan uangnya kita freeze,” kata Mahfud dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (22/2).

“Uang tidak boleh keluar hingga ada kejelasan sehingga biaya demo dan sebagainya tidak ada lagi,” sambungnya.

Mahfud kemudian mengklaim, kondisi Papua bisa tenang karena Lukas Enembe di dalam bui sehingga tidak membuat gejolak massa kembali.

“Lukas Enembe itu malah buat Papua tenang,” imbuhnya.

Sementara itu, menjawab soal keterkaitan penangkapan Lukas Enembe dengan peristiwa penyanderaan Pilot Susi Air oleh KKB, Mahfud pun dengan tegas membantah hal tersebut.

“Yang menyandera orang asing ini adalah Kagoya. Kagoya ini sejak bertahun-tahun lalu sebelum ada urusan Enembe sebelum ada DOB itu memang sudah memberontak. Tapi tidak ada kaitannya dengan DOB dan Lukas Enembe,” tuturnya.