Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ancam Kedaulatan Rakyat, PSI Tolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Juru bicara (Jubir) DPP PSI, Joedea Aris Theofilus menolak sistem pemilu proporsional tertutup yang diwacanakan pada pemilu 2024.

Joedea mengatakan bahwa sistem pemilu proporsional tertutup ini dipimpin atau diwakili oleh orang-orang yang tidak dikenal secara rekam jejaknya.

“Coba bayangin, dengan sistem terbuka saja banyak caleg-caleg eks napi koruptor yang bebas berkeliaran bisa bertanding di Pemilu. Kalau tertutup bagaimana,” ungkap Joedea kepada Holopis.com, Kamis (12/1).

“Kalau dengan sistem tertutup artinya masyarakat tidak sama sekali mengetahui dan mengenal, bahkan bisa terpilih para caleg-caleg eks napi korupsi,” lanjutnya.

Selain itu, ia menambahkan analogi sistem proporsional tertutup seperti membeli kucing dalam karung jika direalisasikan pada pemilu mendatang

Bakal Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil IV Jakarta Timur dari PSI tersebut menegaskan ingin dipimpin oleh orang-orang yang dikenal secara rekam jejak dan prestasinya.

“Kita tahu bersama bahwa kedaulatan sepenuhnya berada ditangan rakyat. Hak memilih itu harusnya rakyat. Masa iya, rakyat tidak mengetahui siapa orang yang dia pilih mewakilkan dirinya sebagai wakil rakyat di lembaga legislatif,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, PDI Perjuangan (PDIP) menjadi satu-satunya partai di parlemen yang masih bersikukuh mengusulkan wacana sistem proporsional tertutup atau mencoblos partai politik (parpol) di Pemilu 2024.

Wacana itu pertama kali dilontarkan oleh partai besutan Megawati Soekarnoputri pada Februari 2022 lalu. PDIP menganggap sistem proporsional terbuka atau mencoblos calon anggota legislatif (caleg) yang diterapkan saat ini menelan ongkos Pemilu mahal.

Isu tersebut kemudian semakin gaduh usai kader PDIP-NasDem resmi mengajukan gugatan uji materiil terhadap Undang-undang (UU) Pemilu terkait sistem proporsional terbuka ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PPP Tak Lolos Parlemen, Mardiono Janji Tanggung Jawab Penuh

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono menegaskan akan bertanggung jawab atas ditolaknya gugatan yang diajukan PPP terkait sengketa Pemilu 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Mardiono Kecewa PPP Tak Lolos Parlemen

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan PHPU Pileg yang diajukan oleh pihaknya.

Demokrat Sarankan Arsul Sani Pikir Ulang Ikut Sidangkan Sengketa PHPU Pileg

Benny Kabur Harman menyarankan agar Arsul Sani berpikir ulang untuk ikut terlibat di dalam persidangan sengketa hasil Pileg 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru