HOLOPIS.COM, JAKARTA – Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ternyata mendapatkan peringkat rendah dari variabel popularitas. Pasalnya, ia masih kalah dengan Ridwan Kamil dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Berdasarkan data yang dilihat oleh Holopis.com pada hari Rabu (4/1), bahwa tingkat keterkenalan Ganjar hanya 78,4 persen. Sementara Ridwan Kamil yang notabane adalah Gubernur Jawa Barat mendapatkan 79,2 persen.

Lalu di atas mereka ada Sandiaga Salahuddin Uno. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) itu mendapatkan 83,7 persen, dan di atasnya ada Anies Rasyid Baswedan yang notabane eks Gubernur DKI Jakarta yakni 88,4 persen.

Untuk top of mind popularitas nama tokoh yang ada dan digadang-gadang masuk dalam bursa Calon Presiden di Pemilu 2024, ada nama Prabowo Subianto. Dari data survei Indikator tersebut, Prabowo jauh lebih terkenal ketimbang tokoh lainnya, yakni mendapat 98,2 persen.

popularitas 2022
Popularitas tokoh politik nasional 2022.

Survei yang dirilis oleh Indikator Politik tersebut dilakukan pengambil sample dengan rentang waktu 1-6 Desember 2022 dengan melibatkan 1.220 orang di seluruh Indonesia. Para responden adalah mereka yang memiliki hak suara dengan kategori usia di atas 17 tahun dan dan atau sudah menikah.

Metodologi survei menggunakan multistage random sampling. Sementara untuk tingkat kepercayaan survei tersebut diklaim mencapai 95 persen dengan Margin of Error (MoE) 2,9 persen.