HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siapa bilang mengenakan riasan dilakukan semata-mata agar cantik atau demi menarik perhatian lawan jenis?

Mengenakan riasan memang menjadi salah satu rutinitas para wanita. Tidak hanya untuk tuntutan pekerjaan, riasan di wajah juga adalah hal yang wajib untuk sebagian wanita.

Bukan hanya sekedar biar tampil cantik, ternyata ada yang lebih mendalam loh Sobat Holopis dari pemakaian riasan.

Sebelum hasil, proses menyapukan make up di wajah juga merupakan sebuah terapi.

Proses mengenakan foundation, alis, hingga lipstick ternyata menyenangkan dan menenangkan dilakukan untuk setiap wanita.

Fakta ini juga ternyata disetujui oleh ilmu psikologi. Proses mengenakan makeup ternyata memiliki efek yang mirip seperti ketenangan yang dirasakan saat melukis.

“Melakukan sesuatu seperti mengenakan riasan, bisa membantu tubuh dan pikiran untuk tenang dan fokus melakukan sesuatu,” kata Terapis Kesehatan Mental, Jane Polinski sebagaimana dikutip Holopis.com dari thezoereport, Minggu (18/120.

Selain proses yang menenangkan, hasil yang cantik juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang sehingga berpengaruh baik terhadap suasana hati.

“Ini juga bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dan mood positif,” lanjutnya.

Tak hanya itu, menyentuh bagian wajah sendiri bisa mengeluarkan reaksi kimia oxytocin, hormon di tubuh yang memproduksi rasa bahagia di otak.

Karena itu, Sobat Holopis jangan heran kalau merasa bahagia dan senang saat sedang mengenakan riasan.