HOLOPIS.COM, JAKARTA – Beredar di media sosial sebuah video seekor harimau benggala di dalam kandang luar di kebun binatang Ragunan dengan kondisi mengenaskan.

Tubuh harimau tersebut terlihat sangat kurus hingga tulangnya terlihat dan perutnya terlihat membusung. Cara jalannya juga tak normal dan agak aneh.

Video yang diunggah oleh pendiri dan ketua dari Animal Defender, Doni Herdaru tersebut langsung diserbu oleh para pecinta binatang yang mempertanyakan cara kebun binatang Ragunan dalam merawat binatang-binatang yang ada di sana.

https://www.instagram.com/reel/CmNvcm1pxyA/?igshid=ZmRlMzRkMDU=

“@ragunanzoo mungkin bisa memberi penjelasan, kenapa harimau ini bisa dalam kondisi seperti ini? Video ini diambil hari Rabu, tanggal 14 Desember 2022,” tulis Doni dalam unggahan akun instagram @doniherdaru seperti yang dikutip Holopis.com, Sabtu (17/12).

Melihat video yang kemudian menjadi viral tersebut, pihak kebun binatang ragunan lantas langsung membuat video klarifikasi live di akun resmi instagram-nya pada hari Jumat (16/12) yang menjelaskan kondisi harimau yang diketahui bernama Juve tersebut.

“Juve adalah seekor harimau benggala yang berusia 16 tahun dan ia adalah seekor pejantan,” ujar petugas Ragunan di dalam video klarifikasi tersebut.

“Kebetulan Juve di bulan November sakit dan saat ini sedang dalam masa pemulihan, masa pemulihan agak lama karena faktor usia yang sudah terhitung tua,” ungkap dokter hewan Ragunan yang bernama Sultan yang juga ada di dalam video tersebut.

“Untuk postur tubuh, Juve ini bagian kaki belakangnya memang agak miring, jadi ketika dia jalan kakinya agak miring-miring jalannya, hal ini mengakibatkan tulang kakinya menonjol, ini memang bawaan lahirnya,” lanjut dokter Sultan.

Ragunan juga memperlihatkan harimau lainnya yang ada di penangkaran mereka dengan kondisi yang lebih terlihat berisi.

Seperti diketahui, harimau memang tidak jauh berbeda dengan kucing termasuk kebiasaan memakan rumput dan lainnya untuk membantu proses pencernaan mereka.