Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Heru Persilakan Buruh Demo Tolak Kenaikan UMP 2023 5,6 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mempersilakan Said Iqbal dan kawan-kawannya menggelar aksi unjuk rasa di kantornya, di Balaikota DKI Jakarta.

“Ya nggak apa-apa. Itu hak mereka,” kata Heru dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (29/11).

Sekedar diketahui Sobat Holopis, bahwa Presiden Buruh Said Iqbal menyatakan penolakannya kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta 2023 sebesar 5,6 persen. Sehingga besaran UMP DKI 2023 adalah sebesar Rp4.900.798.

Menurut Iqbal, persentase kenaikan UMP tersebut masih sangat kecil dan tetap menempatkan status sosial kaum buruh sebagai masyarakat miskin. Seharusnya, UMP DKI adalah 10,55% berdasarkan hasil kajian pihaknya bersama dengan Dewan Pengupahan.

“Bila mana tuntutan di atas tidak didengar, mulai minggu depan akan ada aksi besar-besaran di berbagai daerah di seluruh Indonesia,” kata Iqbal.

Ia menyebut bahwa 10,55 persen adalah angka terendah dari persentase kenaikan UMP 2023 dari usulan mereka sebelumnya, yakni 13 persen.

Besaran kenaikan UMP 2023 yang telah ditetapkan oleh Pemprov DKI Jakarta merujuk pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru