Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

INDEPTH : Kendaraan Listrik Serbu Indonesia

Pemerintah Wajibkan Mobil Dinas Pakai Mobil Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) peritahkan kendaraan listrik digunakan sebagai kendaraan operasional, dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022. Dengan adanya Inpres ini, maka seluruh instansi pemerintahan wajib menggunakan mobil listrik.

Bahkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjajal langsung dengan mengendarai mobil listrik berwarna putih (Hyundai Ioniq) bernomor polisi RI 35, yang nantinya akan segera digunakan untuk kendaraan operasional sehari-hari.

Mobil Dinas Listrik
Mobil dinas listrik yang dipakai Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. [Foto : Ist]
Penggunaan kendaraan listrik, merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mendorong perkembangan kendaraan yang ramah lingkungan.

Salah satu wujud komitmen Pemerintah yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 65 Tahun 2020, tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

Sayangnya, kendaraan listrik yang masuk Indonesia, harganya masih cukup mahal karena masih didatangkan dengan impor.

Sejalan dengan kebijakan dari pemerintah, mobil listrik di Indonesia mulai banyak dijual dengan rentang harga satu unitnya mulai dari Rp200 jutaan higga miliaran. Harganya yang cukup mahal, disebabkan teknologi baterainya yang juga mahal.

Namun, untuk penggunaan kendaraan dinas dengan tenaga listrik tidak perlu membeli baru. Selain membeli, bisa juga menggunakan skema sewa, dan/atau konversi kendaraan bermotor bakar menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Fenomena FOMO dan Permintaan Pinjol di Tengah Gemparnya Konser Coldplay

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fenomena FOMO dikhawatirkan Kembali terjadi jelang...

Budaya Ngopi Jadi Pilihan Gaya Hidup Kekinian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kopi dan Coffee-shop merupakan komoditas budaya...

INDEPTH : Teknologi Layanan Streaming yang Ubah Dunia Industri Global

Teknologi streaming yang telah mengubah dunia ini diharapkan bisa menjadi alat untuk mencapai sesuatu yang lebih positif, seperti menyebarkan kebaikan, informasi yang bisa membantu sesama, ...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru